PANDUAN KEGIATAN
WORKSHOP PEMBIMBINGAN TEKHNIS PELAKSANAAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP )
SMP NEGERI 1 MOYOHILIR
TANGGAL …...............2011
TANGGAL …...............2011
PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 1 MOYOHILIR
JALAN PENDIDIKAN NO. 06 TELP. 0371-625507
2011
KATA PENGANTAR
Program Pembinaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan seperti adanya wajar 9 tahun merupakan suatu keharusan dalam upaya mewujudkan Pendidikan Nasional, yang pada hakekatnya adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh,berkualitas, dan berdaya saing.
Salah satu bentuk proses pembinaan mutu pendidikan SMP adalah adanya kebijakan system pendidikan Nasional yang paling strategis yaitu sudah diberlakukannya perubahan system kurikulum mulai dari jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah hingga Pendidikan Tinggi yang ditingkatkan dengan pelaksanaan workshop Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Salah satu program yang menjadi prioritas dalam upaya peningkatan mutu SMP adalah peningkatan mutu SMP adalah peningkatan prestasi belajar siswa dan peningkatan profesionalisme guru bidang studi dengan pemanfaatan dana subsidi pembimbingan tekhnis KTSP tahun 2011 yang di lakukan dalam bentuk WorkShop Pembimbingan Pelaksanaan Tekhnis KTSP bagi guru – guru SMP Negeri 1 Moyohilir Kabupaten Sumbawa.
Pelaksanaan Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan,pengetahuan, keterampilan, dan profesionalisme guru mata pelajaran dalam mengimplementasikan KTSP di sekolah ( SMP Negeri 1 Moyohilir ).
Akhirnya kami mengharap semoga dengan adanya panduan ini, dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan dalam mendukung dan memperlancar pelaksanaan kegiatan yang dimaksud dan tidak lupa pula kami mohon bantuan dari semua pihak yang terkait dengan kegiatan ini untuk berpartisipasi secara aktif, sehingga tujuan dan hasil yang diharapkan dapat terwujud.
Moyohilir, Juli 2011
KETUA
Tim Pelaksana Subsidi Bintek KTSP
SMP Negeri 1 Moyohilir
SAIFUL IKHSAN, S.Pd
NIP. 19690823 199412 1 005
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
B. TUJUAN KEGIATAN
C. HASIL YANG DIHARAPKAN
D. SASARAN KEGIATAN
D. SASARAN KEGIATAN
BAB II MEKANISME PELAKSANAAN
A. KESIAPAN INPUT
B. PELAKSANA KEGIATAN WORKSHOP
C. WAKTU DAN TEMPAT
D. AKOMODASI DAN KONSUMSI
E. NARA SUMBER
F. MATERI KEGIATAN
G. STRUKTUR PROGRAM DAN JADWAL KEGIATAN
BAB III KEPANITIAAN DAN SKENARIO KEGIATAN
A. KEPANITIAAN
B. SKENARIO KEGIATAN
BAB IV PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.Oleh sebab itu, kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi di daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang beragam yang mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Undang – undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang di susun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) yaitu terdiri dari bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua berupa Model KTSP.
Dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada tingkat SMP maka sangat di pandang perlu untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan pada umumnya.
Sebagai alasan pentingnya kegiatan pelaksanaan bimbingan tekhnis pelaksanaan KTSP di sekolah, karena pengembangan dan pelaksanaan KTSP belum optimal dan masih memerlukan pembinaan, terutama terkait dengan kegiatan operasional silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarandi kelas. Di samping itu juga belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengoperasionalkan silabus ke dalam RPP dan merealisasikan ke dalam bahan ajar, belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan
-dalam mengoperasionalisasi model – model pembelajaran yang inovatif, terutama pembelajaran kontekstualdi kelas.
Atas dasar alasan – alasan tersebut maka pelaksanaan kegiatan yang berupa bimbingan tekhnis tentang Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir ini sangat penting guna peningkatan mutu pembelajaran di kelas dan juga mutu pendidikan pada umumnya.
B. TUJUAN KEGIATAN
Pembimbingan tekhnis pelaksanaan KTSP bertujuan untuk :
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dan kepala sekolah serta tenaga kependidikan dalam merancang dan mensosialisasikan SI,SKL, dan KTSP di sekolah.
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai Standar Pendidikan Nasional serta pengembangan dan ferivikasi KTSP
- Meningkatkan pengetahuan guru dan kepala sekolah dalam berbagai Standar Nasional Pendidikan.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam pembelajaran IPA dan IPS terpadu.
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran.
- Meningkatkan pemahaman dan ketarampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan pembelajaran kontekstual.
- Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam mengembangkan dan menyusun KTSP
- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan penilaian berbasisi kelas.
- Meningkatkan pengetahuan, kesadaran guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme secara berkelanjutan.
2
C. HASIL YANG DIHARAPKAN
- Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dan kepala sekolah serta tenaga kependidikan dalam merancang dan mensosialisasikan SI,SKL, dan KTSP di sekolah.
- Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mengenai Standar Pendidikan Nasional serta pengembangan dan ferivikasi KTSP
- Meningkatnya pengetahuan guru dan kepala sekolah dalam berbagai Standar Nasional Pendidikan.
- Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
- Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam pembelajaran IPA dan IPS terpadu.
- Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran.
- Meningkatnya pemahaman dan ketarampilan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan pembelajaran kontekstual.
- Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru dalam mengembangkan dan menyusun KTSP
- Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan penilaian berbasisi kelas.
- Meningkatnya pengetahuan, kesadaran guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme secara berkelanjutan.
D. SASARAN KEGIATAN
Sasaran peserta kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan KTSP adalah Kepala Sekolah dan Seluruh Guru Mata Pelajaran di SMP Negeri 1 Moyohilir, yang telah ditetapkan dengan SK Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Moyohilir yang terdiri dari :
1. Kepala Sekolah
2. Guru Bahasa Indonesia
2. Guru Bahasa Indonesia
3. Guru Bahasa Inggris4. Guru Matematika5. Guru IPA6. Guru IPS7. Guru Penjaskes8. Guru Agama9. Guru PPKn10. Guru TIKOM11. Guru Seni Budaya12. Guru Mulok13. Guru BP/BK14. Koordinator TU
Jadi jumlah total peserta adalah sebanyak
BAB II
MEKANISME PELAKSANAAN
A. KESIAPAN INPUT.
Keberhasilan kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tahun 2011 ini sangat tergantung pada kesiapan input dan keberlengsungan proses kegiatan yang tentunya dapat dicapai dari terciptanya kerjasama yang baik, kesamaan komitmen, dan pemahaman semua pihak yang terkait serta kelengkapan saran dan fasilitas pendukung pelaksanaan kegiatan sehingga tujuan yang diharapkan dapat terwujud yaitu pengembangan dan pelaksanaan KTSP serta verifikasi KTSP di sekolah.
B. PELAKSANA KEGIATAN WORKSHOP
Untuk mencapai output yang baik dan tepat sasaran maka tidak terlepas dari peran serta dan kerjasama yang baik dari pelaksana kegiatan. Pelaksana Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tahun 2011 ini adalah SMP Negeri 1 Moyohilir yang di Bantu oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan SMP Nusa Tenggara Barat tahun Anggaran 2011.
C. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tahun 2011 di laksanakan dari tanggal……sampai dengan tanggal…… 2011 di SMP Negeri 1 Moyohilir Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.
D. AKOMODASI DAN KONSUMSI
Mekanisme pengaturan akomodasi dan konsumsi adalah sebagai berikut :
- Akomodasi dan Penginapan peserta workshop selama mengikuti kegiatan tidak disediakan dan diatur oleh panitia mengingat jarak kediaman peserta dengan lokasi kegiatan sangat dekat
- Konsumsi peserta workshop selama mengikuti kegiatan di tanggung dan diatur oleh panitia dengan jadwal sebagai berikut a. Snack dan air minum : Pukul 10.00 Wita
b. Makan Siang : Pukul 13.00 Wita
E. NARA SUMBER
Yang bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tahun 2011 adalah tenaga yang kompeten di bidang pendidikan yang memilki kompetensi dan wawasan dalam pelaklsanaan sosialisasi implementasi pembimbingan KTSP yang bersifat strategis dalam rangka pembangunan pendidikan di Kabupaten Sumbawa.
Adapun nara sumber tersebut terdiri dari Pengawas Pendidikan dari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa.
F. MATERI KEGIATAN
Materi kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tahun 2011 adalah berupa materi – materi yang terdiri dari :
A. Kebijakan Implementasi SI dan SKL ( KTSP )
B. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
a. Analisis Silabus / Penyusunan Silabus
b. Menyusun RPP ( Termasuk Penilaian,Tugas Terstruktur dll )
c. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran dan Bahan Ajar
C Pengembangan Penilaian
D Kriteria Ketuntasan Minimal
|
6
G. STRUKTUR PROGRAM DAN JADWAL KEGIATAN
1. Struktur Program
NO
|
MATERI / KEGIATAN
|
NARA SUMBER
|
WAKTU
|
KET
|
1
|
Pembukaan
|
Panitia
|
1
| |
2
|
Kebijakan Implementasi SI dan SKL ( KTSP )
|
Pengawas
|
1
| |
3
|
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
| |||
a. Analisis Silabus / Penyusunan Silabus
|
Pengawas
|
2
| ||
b. Menyusun RPP ( Termasuk Penilaian,Tugas Terstruktur dll )
|
Pengawas
|
2
| ||
c. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran dan Bahan Ajar
|
Pengawas
|
2
| ||
4
|
Pengembangan Penilaian
|
Pengawas
|
2
| |
5
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Pengawas
|
2
| |
6
|
Penutup
|
Panitia
|
2. Jadwal Kegiatan
HARI KE – 1
WAKTU
|
MATA KEGIATAN
|
NARA SUMBER
|
KET
|
08.00-08.30
|
Pembukaan
|
Panitia
|
Pleno
|
08.30-09.30
|
Kebijakan Implementasi SI dan SKL ( KTSP )
|
Pengawas
|
Pleno
|
09.30-10.00
|
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
|
Pengawas
|
Diskusi
|
Coffee Breaks
|
Panitia
| ||
10.00-12.00
|
a. Analisis Silabus / Penyusunan Silabus
|
Pengawas
|
Diskusi
|
12.00-13.00
|
b. Menyusun RPP ( Termasuk Penilaian,Tugas Terstruktur dll )
|
Pengawas
|
Diskusi
|
13.00-14.00
|
Isoma
|
Panitia
| |
14.00-15.00
|
c. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran dan Bahan Ajar
|
Pengawas
|
Diskusi
|
15.00-16.00
|
Pengembangan Penilaian
|
Pengawas
|
Pleno
|
16.00-17.00
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Pengawas
|
Pleno
|
HARI KE – 2
WAKTU
|
MATA KEGIATAN
|
NARA SUMBER
|
KET
|
08.00-08.30
|
a. Analisis Silabus / Penyusunan Silabus
|
Pengawas
|
Diskusi
|
08.30-09.30
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
09.30-10.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
| |
Coffee Breaks
|
Panitia
| ||
10.00-12.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
12.00-13.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
13.00-14.00
|
Isoma
|
Panitia
| |
14.00-15.00
|
b. Menyusun RPP ( Termasuk Penilaian,Tugas Terstruktur dll )
|
Pengawas
|
Diskusi
|
15.00-16.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
16.00-17.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskus
|
HARI KE – 3
WAKTU
|
MATA KEGIATAN
|
NARA SUMBER
|
KET
|
08.00-08.30
|
b. Menyusun RPP ( Termasuk Penilaian,Tugas Terstruktur dll )
|
Pengawas
|
Diskusi
|
08.30-09.30
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
09.30-10.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
Coffee Breaks
|
Panitia
| ||
10.00-12.00
|
c. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran dan Bahan Ajar
|
Pengawas
|
Diskusi
|
12.00-13.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
13.00-14.00
|
Isoma
| ||
14.00-15.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
15.00-16.00
|
Lanjutan
|
Pengawas
|
Diskusi
|
16.00-17.00
|
Penutup
|
Panitia
|
BAB III
KEPANITIAAN DAN SKENARIO KEGIATAN
A. KEPANITIAAN
Susunan kepanitiaan kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tahun 2011 adalah sebagai berikut :
1. Nara Sumber
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
1
2
3
|
Pengawas Pendidikan pada Dinas Pendidikan Nasional Kab. Sumbawa
|
2. Panitia Pelaksana
NO
|
NAMA
|
JABATAN DALAM TIM
|
KETERANGAN
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Drs. Akhmad
19630416 199203 1 010
Saiful Ikhsan, S.Pd
19690823 199412 1 005
Abdul Latief, S.Pd
19711003 199412 1 001
Sudirman, S.Pd
19810301 200501 1 007
Nurmawati, S.Pd
19661116 199103 2 004
Nani Sumarni, S.Pd
19830502 200604 2 020
Nurseha,S.Pd
19760403 200501 2 010
|
KepalaSekolah/
Penanggungjawab
Ketua
Sekretaris
Bendahara
Adm.Keuangan
Anggota
Anggota
|
10
B. SKENARIO KEGIATAN
Agar dapat tercapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, maka penyajian materi dilakukan dengan beberapa tahap dan metode :
1. Kegiatan Pembukaan
Pada tahap pembukaan, para peserta mendapat pengarahan dari Bapak Kepala Sekolah selaku penanggungjawab kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tahun 2011.
2. Kegiatan Inti
Kegiatan inti Workshop Pembimbingan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tahun 2011 adalah bimbingan tekhnis yang dilaksanakan dalam bentuk sidang pleno dan diskusi menyangkut materi pengembangan perangkat KTSP.
3. Kegiatan Penutupan
Pada tahap kegiatan penutupan dilakukan oleh Bapak Kepala Sekolah selaku Penanggungjawab kegiatan.