PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 1 MOYO HILIR
Jalan Pendidikan No.06 Moyo Telp.(0371) 625507
PROPOSAL PELAKSANAAN SUBSIDI KTSP
SMP NEGERI 1 MOYOHILIR
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Oleh sebab itu kurikulum di susun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan kurikulum pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional, yang diantaranya berupa standar isi ( SI ) dan standar kompetensi kelulusan ( SKL ) yang merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Undang – undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL serta perpedoman pada panduan yang di susun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) yaitu terdiri dari bagian pertama berupa Panduan umum dan bagian kedua berupa model KTSP.
Dalam rangka memfasilitasi pelaksaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada tingkat SMP maka sangat di pandang perlu untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan pada umumnya.
Sebagai alasan pentingnya kegiatan pelaksanaan bimbingan tekhnis pelaksanaan KTSP di sekolah karena pengembangan dan pelaksanaan KTSP belum optimal dan masih
memerlukan pembinaan terutama terkait dengan kegiatan operasional silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas. Di sampng itu juga belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengoperasionalkan silabus ke dalam RPP dan merealisasikannya ke dalam bahan ajar, belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan dalam operasionalisasi model – model pembelajaran yang inovatif,terutama pembelajaran kontekstual di kelas.
Atas dasar alasan – alasan tersebut maka pelaksanaan kegiatan yang berupa bimbingan tekhnis tentang pelasnaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir ini sangat penting guna peningkatan mutu pembelajaran dikelas dan juga mutu pendidikan pada umumnya.
B. Tujuan
Pembimbingan Tekhnis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) bertujuan :
1. Tujuan Umum.
1. Meningkatkan pengetahuan dan keterapilan Kepala Sekolah dan Guru serta Tenaga Kependidikan dalam merancang dan mnsosialisasiokan SI,SKL,KTSP di sekolah.
2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menganai Standar Pendidikan Nasional serta pengembangan dan verivikasi KTSP.
2. Tujuan Khusus.
1. Meningkatkan pengetahuian guru dan Kepala Sekolag dalam berbagai Standar Nasional Pendidikan.
2. Meningkatakan pengetahuan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan /menyusun KTSP.
3. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
4. Meningkatkan pemahaman guru dan Kepala Sekolah dalam pembelajara IPA dan IPS Terapadu.,
5. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran.
6. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan pembelajaran kontektstual.
7. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan penilaian berbasis kelas.
8. Meningkatkan pengetahuan, kesadaran guru, dan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme mereka secara berkelanjutan.
C. Hasil yang Diharapkan
1. Meningkatnya pengetahuan dan keterapilan Kepala Sekolah dan Guru serta Tenaga Kependidikan dalam merancang dan mnsosialisasiokan SI,SKL,KTSP di sekolah.
2. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan menganai Standar Pendidikan Nasional serta pengembangan dan verivikasi KTSP.
3. Meningkatnya pengetahuian guru dan Kepala Sekolag dalam berbagai Standar Nasional Pendidikan.
4. Meningkatnya pengetahuan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan /menyusun KTSP.
5. Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
6. Meningkatkan pemahaman guru dan Kepala Sekolah dalam pembelajara IPA dan IPS Terapadu.,
7. Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran.
8. Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan pembelajaran kontektstual.
9. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan penilaian berbasis kelas.
10. Meningkatnya pengetahuan, kesadaran guru, dan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme mereka secara berkelanjutan.
D. Sumber Dana
Sumber dan yang di harapkan untuk membiayai kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP ini dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Nusa Tenggara Barat Melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan SMP Nusa Tenggara Barat tahun Anggaran 2011, berupa subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) sebesar Rp. 7.500.000 ( Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah )
BAB II
PROFIL SEKOLAH DAN KEBUTUHAN PENINGKATAN
MUTU PENDIDIKAN
A. Profil Sekolah
1. Profil Sekolah
A. IDENTITAS SEKOLAH
Nama : SMP NEGERI 1 MOYO HILIR
No.Statistik : 20 1 23 04 08 052
Tipe Sekolah : A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
Alamat Sekolah : JLN PENDIDIKAN NO.06 MOYO
( Kecamatan) MOYO HILIR
( Kabupaten /Kota ) SUMBAWA
(Propinsi) NTB
Telepon/HP/Fax : 0371-625507
Status Sekolah : Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah : Baik
B. KONDISI UMUM
1
|
Jumlah Rombongan Belajar
|
12
|
2
|
Jumlah Ruang Belajar
|
12
|
C. KONDISI SISWA ( 3 TAHUN TERAKHIR )
Th
Pelajaran
|
Jml
pendaftar/Cln Siswa Baru
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah (Kls.VII+VIII+IX)
| ||||
Jml
Siswa
|
Jml
Rombel
|
Jml
Siswa
|
Jml
Rombel
|
Jml
Siswa
|
Jml
Rombel
|
Jml
Siswa
|
Jml
Rombel
| ||
2008/2009
|
160
|
160
|
4
|
115
|
4
|
130
|
4
|
405
|
12
|
2009/2010
|
153
|
153
|
4
|
158
|
4
|
108
|
4
|
419
|
12
|
2010/2011
|
149
|
149
|
4
|
158
|
4
|
143
|
4
|
449
|
12
|
2. Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
a. Kepala Sekolah
NO
|
Jabatan
|
Nama
|
Jenis Kelamin
|
Usia
|
Pendidikan Akhir
|
Masa Kerja
| |
L
|
P
| ||||||
1. 1
2.
|
Kepala Sekolah
|
DRS.AKHMAD
|
V
|
47 THN
|
SI/AIV
|
18 THN
| |
3. 2
|
Wakil Kepala Sekolah
|
NURMAWATI,S.Pd
|
V
|
44 THN
|
SI/AIV
|
21 THN
|
4. Guru
1. Kualifikasi Pendidikan,status,Jenis Kelamin dan Jumlah
No
|
TINGKAT
PENDIDIKAN
|
JUMLAH DAN STATUS GURU
|
JUMLAH
| |||
GT/PNS
|
GTT/GURU
BANTU
| |||||
L
|
P
|
L
|
P
| |||
1
|
S 3 / S 2
|
-
|
-
|
-
|
-
| |
2
|
S 1
|
8
|
9
|
3
|
6
|
26
|
3
|
D-4
|
-
|
-
|
-
|
-
| |
4
|
D-3 / SARMUD
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
5
|
D-2
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
6
|
D-1
|
-
|
-
|
-
|
-
| |
7
|
SMA/ Sederajat
|
-
|
-
|
-
|
-
| |
JUMLAH
|
10
|
9
|
3
|
6
|
28
|
5. Sarana
RUANG
|
JUMLAH
|
KONDISI
| ||
Rusak Berat
|
Rusak Sedang
|
Baik
| ||
Kelas
|
12
|
-
|
-
|
12
|
Laboratorium
|
2
|
-
|
1
|
1
|
Perpustakaan
|
1
|
1
|
-
|
-
|
UKS
|
-
|
-
|
1
|
-
|
Lapangan Olah Raga
|
1
|
-
|
-
|
1
|
Ruang OSIS
|
1
|
-
|
-
|
1
|
Ruang Kantin
|
1
|
-
|
-
|
1
|
6. Prasarana
1. BUKU
No
|
JUDUL BUKU
|
Untuk Kelas
|
KLASIFIKASI
|
Jumlah exsmp.
| |||
A
|
B
|
C
|
D
| ||||
1
|
Bahasa Indonesia
|
25
|
50
|
3
|
-
|
78
| |
2
|
Matematika
|
-
|
50
|
3
|
-
|
53
| |
3
|
I P A
|
-
|
50
|
3
|
-
|
53
| |
4
|
Bahasa Inggris
|
-
|
50
|
3
|
-
|
53
| |
5
|
I P S
|
-
|
50
|
3
|
-
|
53
|
Keterangan :
A. Buku Teks
B. Buku Penunjang
C. Buku Bacaan / Referensi
D. Lainnya
2. ALAT PERAGA
JENIS / NAMA ALAT
|
JUMLAH / KONDISI
| ||
Baik
|
Rusak
|
Jumlah
| |
Alat Praga Matematika
|
V
|
1 set
| |
Alat Praga IPA
|
V
|
1 set
| |
Alat Praga Olah Raga
|
V
|
1 set
|
2. Visi dan Misi Sekolah
a. Visi : Unggul Dalam Mutu Dan Layanan, Terampil, Berbudaya yang Dilandasi Imtaq.
b. Misi :
1. Peningkatan kualitas pembelajaran secara efektif dan efisien.
2. Peningkatan mutu layanan pendidikan dengan asas kesamaan, kesetaraan dan partisipasi.
3. Pengembangan nilai budaya yang etis dan estetika.
4. Peningkatan kualitas keimanan melalui pembiasaan dan penerapan agama.
5. Pengembangan pendidikan dan pelatihan olah raga unggulan dan seni.
c. Tujuan
Tujuan dari SMP Negeri 1 Moyohilir merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur :
1. Tersedianya saran dan prasarana yang memadai
2. Peningkatan prestasi belajar berupa perolehan rata – rata nilau UN minimal + 0,25 % pertahun.
3. Meningkatkan kompetensi guru dan profesionalisme guru
4. Meningkatkan angka melanjutkan sekolah dan menurunkan angka drop out.
5. Terciptanya suasana keakraban dan kerja sama yang baik di lingkungan sekolah.
6. Terciptanya budaya salam dan terima kasih serta maaf.
7. Terciptanya suasana sekolah yang agamis.
8. Terlaksananya aturan dan tata tertib sekolah.
9. Terbentuknya tim olah raga berprestasi yang dapat bersaing di tingkat kabupaten dan propinsi.
10. Mengadakan pelatihan serta menyediakan wahana seni.
B. Analisis Implementasi KTSP
1. Pengembangan kurikulum pendidikan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar Nasional Pendidkkan terdiri atas Standar Isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidikan, saran dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan poenilaian pendidikan . Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu berupa Standar Isi ( SI ) dan standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Kondisi ideal yang di harapkan oleh SI dan SKL ( KTSP ) agar dapat diimplementasikan di sekolah dengan baik adalah melalui pembimbingan – pembimbingan oleh unsur – unsur Diknas dalam hal ini melalui tenaga – tenaga yang memiliki kompetensi dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum dengan kualifikasi sesuai dengan mata pelajaran dan materi pelatihan.
2. Salah satu bentuk proses pembinaan mutu pendidikan SMP adalah adanya kebijakan sistem pendidikan nasional yang paling strategis taitu sudah di lakukannnya perubahan sistem kurikulum dengan di terapkannya kurikulum 2006 atau KTSP. Sejalan dengan perubahan tersebut tentunya perlu adanya pelatihan – pelatihan/kegiatan workshop pelaksanaan KTSP yang bertujuan agar yang diinginkan oleh kurikulum tersebut dapat diimplementasikan di sekolah dengan baik mengingat kondisi pelaksanaan KTSP di sekolah belum dapat berjalan dengan baik dan optimal seperti yang di amanatkan oleh Standar Nasional Pendidikan.
3. Salah satu aspek terpenting dalam mengimplementasikan SI dan SKL (KTSP ) di sekolah agar dapat berjalan dengan baik adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.Seperti misalnya terbatasnya peralatan – peralatan laboratorim baik IPA, TIK maupun Laboratorium Bahasa. Di samping itu perlu juga diupayakan agar gur dan tenaga kependidikan pada umumnya di berikan pelatihan – pelatihan tentang berbagai hal yang menyangkut KTSP sehingga mutu pendidikan dapat berjalan secara optimal.
C. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Kebutuhan.
SMP Negeri 1 Moyohilir terletak di Jalan Pendidikan No.6 Moyo yang memiliki kondisi georafis yang sangat strategis karena terletak di persimpangan jalan menuju ke desa – desa yang berdekatan,serta di tunjang oleh keamanan lingkungan yang tetap terkendali, tetunya sangat mendukung untuk tempat proses belajar mengajar.
Dengan situasi yang demikian hingga banyak masyarakat yang berminat untuk menyekolahklan putra – putrinya di SMP Negeri 1 Moyohilir,serta dengan harapan mendapat pendidikan bermutu. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kenyamanan, keamanan serta transportasi yang menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya di SMP Negeri 1 Moyohilir.
Kualitas SMP Negeri 1 Moyohilir selalu mengalami peninghkatan setiap tahunnya, yang di tunjukkan oleh prosentase kelulusan dan nilai beberapa bidang studi meningkat. Begitu pula dalam berbagai lomba mata pelajaran seperti olimiade dan lain-lain mengalami peningkatan prestasi.
Prestasi lainnya di bidang olah raga dan seni terus meningkat yang ditunjukkan oleh beberapa siswa mewakili Kabupaten Sumbawa untuk mengikuti Porseni Tingkat Provinsi di Mataram di bidang Atletik, Sepak Bola dan lain – lain.
Di samping hal tersebut di atas peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru terus di upayakan dan ditingkatkan agar kualitas KBM dapat meningkat. Hal in dapat dbuktikan dengan hampir semua guru sudah memiliki kualifikasi S 1 dan beberapa guru lainnya sedang dalam proses kualifikasi S 1. Selain itu, 8 orang guru sudah memiliki sertifikat pendidik.
Hal – hal yang di jelaskan di atas tentunya dapat dimanfaatkan dan diberdayakan untuk menunjang terlaksananya Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir.
Berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Propinsi NTB sekolah menerima Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP tahun 2011 melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan SMP sebagai prioritas pemenuhan kebutuhan pembimbingan dan pelatihan pelaksanaan dan pengimplementasian KTSP di sekolah.
Berdasarkan prioritas tersebut,pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir akan di laksanakan dengan menggunakan subsidi yang dimaksud di atas
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN TEKHNIS
PELAKSANAAN KTSP
A. Tim Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP Sekolah.
- Penanggungjawab : Kepala Sekolah
- Ketua : Saiful Ikhsan,S.Pd
- Sekretaris : Abdul Latief, S.Pd
- Bendahara : Sudirman,S.Pd
- Adm. Keuangan : Nurmawati, S.Pd
- Anggota : 1. Nani Sumarni, S.Pd 2. Nurseha,S.Pd
B. Kegiatan Bimbingan Tekhnis KTSP yang akan di laksanakan
Kegiatan bimbingan tekhnis pelaksanaan KTSP akan di laksanakan dalam bentuk kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan KTSP 2011 di SMP Negeri 1 Moyohilir. Peserta workshop adalah guru – guru dan Kepala Sekolah beserta Tenaga Kependidikan yang berada di lingkungan SMP Negeri 1 Moyohilir.
Sebagai nara sumber pada kegiatan yang akan di laksanakan ini adalah :
· Unsur Diknas Kabupaten Sumbawa.
· Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten.
· Tenaga Pengawas Sekolah yang memiliki kompetensi dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum dengan kualifikasi sesuai dengan mata pelajaran dan materi pelatihan.
C. Rencana Anggaran
1. Rencana anggaran pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di Sekolah.
a. Sumber Dana : Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan SMP Nusa Tenggara Barat tahun Anggaran 2011, berupa subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) sebesar Rp. 7.500.000 ( Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah )
b. Alokasi Penggunaan Dana :
1. Honor dan Transportasi Nara Sumber
2. Transport Peserta Bimbingan Tekhnis
3. Snack dan air minum Peserta
4. ATK
5. Fotocopy Materi dan Hasil
D. Jadwal Pelaksanaan
Jadwal pelaksanaan kegiatan Workshop Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di Sekolah di rencanakan berlangsung pada Akhir Bulan JUNI sampai dengan Awal Bulan JULI 2011
BAB IV
RENCANA IMPLEMENTASI KTSP JANGKA MENENGAH
A. Pentingnya Implementasi KTSP
Pengembangan kurikulum pendidikan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar Nasional Pendidkkan terdiri atas Standar Isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidikan, saran dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan poenilaian pendidikan . Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu berupa Standar Isi ( SI ) dan standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Dalam rangka memfasilitasi pelaksaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada tingkat SMP maka sangat di pandang perlu untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Teklhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan pada umumnya.
Sebagai alasan pentingnya kegiatan pelaksanaan bimbingan tekhnis pelaksanaan KTSP di sekolah karena pengembangan dan pelaksanaan KTSP belum optimal dan masih memerlukan pembinaan terutama terkait dengan kegiatan operasional silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas.Di sampng itu juga belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengoperasionalkan silabus ke dalam RPP dan merealisasikannya ke dalam bahan ajar, belum maksimalnya pengetahuan dan keterampiulan dalam operasionalisasi model – model pembelajaran yang inovatif,terutama pembelajaran kontekstual di kelas.
Atas dasar alasan – alasan tersebut maka pelaksanaan kegiatan yang berupa bimbingan tekhnis tentang pelasnaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir ini sangat penting guna peningkatan mutu pembelajaran dikelas dan juga mutu pendidikan pada umumnya.
B. Rencana Terkait Implementasi KTSP 2011 - 2014
Visi dan Misi Sekolah
a. Visi : Unggul Dalam Mutu Dan Layanan, Terampil, Berbudaya yang Dilandasi Imtaq.
b. Misi :
1. Peningkatan kualitas pembelajaran secara efektif dan efisien.
2. Peningkatan mutu layanan pendidikan dengan asas kesamaan, kesetaraan dan partisipasi.
3. Pengembangan nilai budaya yang etis dan estetika.
4. Peningkatan kualitas keimanan melalui pembiasaan dan penerapan agama.
5. Pengembangan pendidikan dan pelatihan olah raga unggulan dan seni.
c..Tujuan / sasaran sekolah
Tujuan dari SMP Negeri 1 Moyohilir merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur :
1. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai
2. Peningkatan prestasi belajar berupa perolehan rata – rata nilau UN minimal + 0,25 pertahun.
3. Meningkatkan kompetensi guru dan profesionalisme guru
4. Meningkatkan angka melanjutkan sekolah dan menurunkan angka drop out.
5. Terciptanya suasana keakraban dan kerja sama yang baik di lingkungan sekolah.
6. Terciptanya budaya salam dan terima kasih serta maaf.
7. Terciptanya suasana sekolah yang agamis.
8. Terlaksananya aturan dan tata tertib sekolah.
9. Terbentuknya tim olah raga berprestasi yang dapat bersaing di tingkat kabupaten dan propinsi.
10. Mengadakan pelatihan serta menyediakan wahana seni.
C. Rencana Implementasi KTSP Tahun 2011
1. Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP 2011
2. Penyusunan KTSP
3. Implemetasi KTSP
4. Monitoring dan Supervisi Secara Rutin Pelaksanaan KTSP di Sekolah
5. Evaluasi Pelaksanaan KTSP di Sekolah
6. Tindak Lanjut/ Pembinaan.
D. Dana dan Sumber Dana Implementasi KTSP
Rencana anggaran pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di Sekolah berasal dari Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan SMP Nusa Tenggara Barat tahun Anggaran 2011, berupa subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) sebesar Rp. 7.500.000 ( Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah )