Senin, 26 September 2011

PROPOSAL KTSP SMP NEGERI 1 MOYOHILIR 2011


PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 1 MOYO HILIR
Jalan Pendidikan No.06 Moyo Telp.(0371) 625507

 


PROPOSAL PELAKSANAAN SUBSIDI  KTSP
SMP NEGERI 1 MOYOHILIR

BAB  I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Oleh sebab itu kurikulum di susun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan kurikulum pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional, yang diantaranya berupa standar isi ( SI ) dan standar kompetensi kelulusan ( SKL ) yang merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Undang – undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL serta perpedoman pada panduan yang di susun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) yaitu terdiri dari bagian pertama berupa Panduan umum dan bagian kedua berupa model KTSP.
Dalam rangka memfasilitasi pelaksaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada tingkat SMP maka sangat di pandang perlu untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan pada umumnya.
Sebagai alasan pentingnya kegiatan pelaksanaan bimbingan tekhnis pelaksanaan KTSP di sekolah karena pengembangan dan pelaksanaan KTSP belum optimal dan masih
memerlukan pembinaan terutama terkait dengan kegiatan operasional silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas. Di sampng itu juga belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengoperasionalkan silabus ke dalam RPP dan merealisasikannya ke dalam bahan ajar, belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan dalam operasionalisasi model – model pembelajaran yang inovatif,terutama pembelajaran kontekstual di kelas.
Atas dasar alasan – alasan tersebut maka pelaksanaan kegiatan yang berupa bimbingan tekhnis tentang pelasnaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir ini sangat penting guna peningkatan mutu pembelajaran dikelas dan juga mutu pendidikan pada umumnya.
B. Tujuan
    
Pembimbingan  Tekhnis  Pelaksanaan  Kurikulum  Tingkat  Satuan   Pendidikan          (  KTSP  )  bertujuan   :
1. Tujuan Umum.
1.      Meningkatkan pengetahuan dan keterapilan Kepala Sekolah dan Guru serta Tenaga Kependidikan dalam merancang dan mnsosialisasiokan SI,SKL,KTSP di sekolah.
2.      Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menganai Standar Pendidikan Nasional serta pengembangan dan verivikasi KTSP.
2. Tujuan Khusus.
1.  Meningkatkan pengetahuian guru dan Kepala Sekolag dalam berbagai Standar Nasional    Pendidikan.
2.      Meningkatakan pengetahuan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan /menyusun KTSP.
3.  Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
4.      Meningkatkan pemahaman guru dan Kepala Sekolah dalam pembelajara IPA dan IPS Terapadu.,
5.  Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran.
6.      Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan pembelajaran kontektstual.
7.      Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan penilaian berbasis kelas.
8.      Meningkatkan pengetahuan, kesadaran guru, dan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme mereka secara berkelanjutan.
C. Hasil yang Diharapkan
1.         Meningkatnya pengetahuan dan keterapilan Kepala Sekolah dan Guru serta Tenaga Kependidikan dalam merancang dan mnsosialisasiokan SI,SKL,KTSP di sekolah.
2.         Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan menganai Standar Pendidikan Nasional serta pengembangan dan verivikasi KTSP.
3.         Meningkatnya pengetahuian guru dan Kepala Sekolag dalam berbagai Standar     Nasional Pendidikan.
4.         Meningkatnya pengetahuan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan /menyusun KTSP.
5.         Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan KTSP.
6.         Meningkatkan pemahaman guru dan Kepala Sekolah dalam pembelajara IPA dan IPS Terapadu.,
7.         Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran.
8.         Meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan pembelajaran kontektstual.
9.         Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan penilaian berbasis kelas.
10.     Meningkatnya pengetahuan, kesadaran guru, dan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme mereka secara berkelanjutan.       
D. Sumber Dana
              Sumber dan yang di harapkan untuk membiayai kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP ini dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Nusa Tenggara Barat Melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan  SMP Nusa Tenggara Barat tahun Anggaran 2011, berupa subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) sebesar Rp. 7.500.000 ( Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah )

BAB  II
PROFIL SEKOLAH DAN KEBUTUHAN PENINGKATAN
MUTU PENDIDIKAN

A. Profil Sekolah
   1. Profil Sekolah
A.    IDENTITAS SEKOLAH
Nama                                : SMP NEGERI 1 MOYO HILIR
No.Statistik                      : 20 1 23 04 08 052
Tipe Sekolah                     : A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
Alamat Sekolah                : JLN PENDIDIKAN NO.06 MOYO
                                            ( Kecamatan) MOYO HILIR
                                            ( Kabupaten /Kota ) SUMBAWA
                                            (Propinsi) NTB
Telepon/HP/Fax                : 0371-625507
Status Sekolah                  : Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah  : Baik

B.     KONDISI UMUM
1
Jumlah Rombongan Belajar
12
2
Jumlah Ruang Belajar
12

C.     KONDISI SISWA ( 3 TAHUN TERAKHIR  )
Th
Pelajaran
Jml
pendaftar/Cln Siswa Baru
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah (Kls.VII+VIII+IX)


Jml
Siswa
Jml
Rombel
Jml
Siswa
Jml
Rombel
Jml
Siswa
Jml
Rombel
Jml
Siswa
Jml
Rombel
2008/2009

160
160
4
115
4
130
4
405
12
2009/2010

153
153
4
158
4
108
4
419
12

2010/2011
149
149
4
158
4
143
4
449
12


2.  Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
a.    Kepala Sekolah
NO
Jabatan
Nama
Jenis Kelamin
Usia
Pendidikan Akhir
Masa Kerja
L
P
1.      1
2.       
Kepala Sekolah
DRS.AKHMAD
V

47 THN
SI/AIV
18 THN
3.      2
Wakil Kepala Sekolah

NURMAWATI,S.Pd

V
44 THN
SI/AIV
21 THN
                                                   
4.      Guru
1.      Kualifikasi Pendidikan,status,Jenis Kelamin dan Jumlah


No
TINGKAT
PENDIDIKAN
JUMLAH DAN STATUS GURU
JUMLAH
GT/PNS
GTT/GURU
BANTU
    L
P
L
P

1
S 3 / S 2

-
-
-
-

2
S 1

8
9
3
6
26
3
D-4

-
-
-
-

4
D-3 / SARMUD

1
-
-
-
1
5
D-2

1
-
-
-
1
6
D-1

-
-
-
-

7
SMA/ Sederajat

-
-
-
-


    JUMLAH
10

9
3
6
28

5.  Sarana
RUANG
JUMLAH
KONDISI
Rusak Berat
Rusak Sedang
Baik
Kelas
12
-
-
12
Laboratorium
2
-
1
1
Perpustakaan
1
1
-
-
UKS
-
-
1
-
Lapangan Olah Raga
1
-
-
1
Ruang OSIS
1
-
-
1
Ruang Kantin
1
-
-
1

6.      Prasarana
1.      BUKU
No
JUDUL BUKU
Untuk Kelas
KLASIFIKASI
Jumlah exsmp.
A
B
C
D
1
Bahasa Indonesia

25
50
3
-
78
2
Matematika

-
50
3
-
53
3
I P A

-
50
3
-
53
4
Bahasa Inggris

-
50
3
-
53
5
I P S

-
50
3
-
53
      Keterangan  :
A.    Buku Teks
B.     Buku Penunjang
C.    Buku Bacaan / Referensi
D.    Lainnya
2.      ALAT PERAGA
JENIS / NAMA ALAT
JUMLAH / KONDISI
Baik
Rusak
Jumlah
Alat Praga Matematika
V

1 set
Alat Praga IPA
V

1 set
Alat Praga Olah Raga
V

 1 set

2. Visi dan Misi Sekolah
     a. Visi   : Unggul Dalam Mutu Dan Layanan, Terampil, Berbudaya yang Dilandasi  Imtaq.
     b. Misi  :
1.      Peningkatan kualitas pembelajaran secara efektif dan efisien.
2.      Peningkatan mutu layanan pendidikan dengan asas kesamaan, kesetaraan dan partisipasi.
3.      Pengembangan nilai budaya yang etis dan estetika.
4.      Peningkatan kualitas  keimanan melalui pembiasaan dan penerapan agama.
5.      Pengembangan pendidikan dan pelatihan olah raga unggulan dan seni.
c.       Tujuan
            Tujuan dari SMP Negeri 1 Moyohilir merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur   :
1.      Tersedianya saran dan prasarana yang memadai
2.      Peningkatan prestasi belajar berupa perolehan rata – rata nilau UN minimal + 0,25  % pertahun.
3.      Meningkatkan kompetensi guru dan profesionalisme guru
4.      Meningkatkan angka melanjutkan sekolah dan menurunkan angka drop out.
5.      Terciptanya suasana keakraban dan kerja sama yang baik di lingkungan sekolah.
6.      Terciptanya budaya salam dan terima kasih serta maaf.
7.      Terciptanya suasana sekolah yang agamis.
8.      Terlaksananya aturan dan tata tertib sekolah.
9.      Terbentuknya tim olah raga berprestasi yang dapat bersaing di tingkat kabupaten dan propinsi.
10.  Mengadakan pelatihan serta menyediakan wahana seni.
B.  Analisis Implementasi KTSP
1.   Pengembangan kurikulum pendidikan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar Nasional Pendidkkan terdiri atas Standar Isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidikan, saran dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan poenilaian pendidikan . Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu berupa Standar Isi ( SI ) dan standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
       Kondisi ideal yang di harapkan oleh SI dan SKL ( KTSP ) agar dapat diimplementasikan di sekolah dengan baik adalah melalui pembimbingan – pembimbingan oleh unsur – unsur Diknas dalam hal ini melalui tenaga – tenaga yang memiliki kompetensi dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum dengan kualifikasi sesuai dengan mata pelajaran dan materi pelatihan.
2.  Salah satu bentuk proses pembinaan mutu pendidikan SMP adalah adanya kebijakan sistem pendidikan nasional yang paling strategis taitu sudah di lakukannnya perubahan sistem kurikulum dengan di terapkannya kurikulum 2006 atau KTSP. Sejalan dengan perubahan tersebut tentunya perlu adanya pelatihan – pelatihan/kegiatan workshop pelaksanaan KTSP yang bertujuan agar yang diinginkan oleh kurikulum tersebut dapat diimplementasikan di sekolah dengan baik mengingat kondisi pelaksanaan KTSP di sekolah belum dapat berjalan dengan baik dan optimal seperti yang di amanatkan oleh Standar Nasional Pendidikan.
3.  Salah satu aspek terpenting dalam mengimplementasikan SI dan SKL (KTSP ) di sekolah agar dapat berjalan dengan baik adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.Seperti misalnya terbatasnya peralatan – peralatan laboratorim baik IPA, TIK maupun Laboratorium Bahasa. Di samping itu perlu juga diupayakan agar gur dan tenaga kependidikan pada umumnya di berikan pelatihan – pelatihan tentang berbagai hal yang menyangkut KTSP sehingga mutu pendidikan dapat berjalan secara optimal.

C. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Kebutuhan.    
              SMP Negeri 1 Moyohilir terletak di Jalan Pendidikan No.6 Moyo yang memiliki kondisi georafis yang sangat strategis karena terletak di persimpangan jalan menuju ke desa – desa yang berdekatan,serta di tunjang oleh keamanan lingkungan yang tetap terkendali, tetunya sangat mendukung untuk tempat proses belajar mengajar.
             Dengan situasi yang demikian hingga banyak masyarakat yang berminat untuk menyekolahklan putra – putrinya di SMP Negeri 1 Moyohilir,serta dengan harapan mendapat pendidikan bermutu. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kenyamanan, keamanan serta transportasi yang menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya di SMP Negeri 1 Moyohilir.
            Kualitas SMP Negeri 1 Moyohilir  selalu mengalami peninghkatan setiap tahunnya, yang di tunjukkan oleh prosentase kelulusan dan nilai beberapa bidang studi meningkat. Begitu pula dalam berbagai lomba mata pelajaran seperti olimiade dan lain-lain mengalami peningkatan prestasi.
           Prestasi lainnya di bidang olah raga dan seni terus meningkat yang ditunjukkan oleh beberapa siswa mewakili Kabupaten Sumbawa untuk mengikuti Porseni Tingkat Provinsi di Mataram di bidang Atletik, Sepak Bola dan lain – lain.
          Di samping hal tersebut di atas peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru terus di upayakan dan ditingkatkan agar kualitas KBM dapat meningkat. Hal in dapat dbuktikan dengan hampir semua guru sudah memiliki kualifikasi S 1 dan beberapa guru lainnya sedang dalam proses kualifikasi S 1. Selain itu, 8 orang guru sudah memiliki sertifikat pendidik.
             Hal – hal yang di jelaskan di atas tentunya dapat dimanfaatkan dan diberdayakan untuk menunjang terlaksananya Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir.
            Berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Propinsi NTB sekolah menerima Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP tahun 2011 melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan SMP sebagai prioritas pemenuhan kebutuhan pembimbingan dan pelatihan pelaksanaan dan pengimplementasian KTSP di sekolah.
           Berdasarkan prioritas tersebut,pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir akan di laksanakan dengan menggunakan subsidi yang dimaksud di atas


 
BAB  III
RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN TEKHNIS
PELAKSANAAN KTSP

A.  Tim Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP Sekolah.

  • Penanggungjawab                           : Kepala Sekolah

  • Ketua                                               : Saiful Ikhsan,S.Pd

  • Sekretaris                                        : Abdul Latief, S.Pd

  • Bendahara                                       : Sudirman,S.Pd

  • Adm. Keuangan                              : Nurmawati, S.Pd

  • Anggota                                           : 1. Nani Sumarni, S.Pd                                                          2. Nurseha,S.Pd

B. Kegiatan Bimbingan Tekhnis KTSP yang akan di laksanakan
Kegiatan bimbingan tekhnis  pelaksanaan KTSP akan di laksanakan dalam bentuk kegiatan Workshop Pembimbingan Pelaksanaan KTSP 2011 di SMP Negeri 1 Moyohilir. Peserta workshop adalah guru – guru dan Kepala Sekolah beserta Tenaga Kependidikan yang berada di lingkungan SMP Negeri 1 Moyohilir.
 Sebagai nara sumber pada kegiatan yang akan di laksanakan ini adalah  :
·         Unsur Diknas Kabupaten Sumbawa.
·         Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten.
·         Tenaga Pengawas Sekolah yang memiliki kompetensi dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum dengan kualifikasi sesuai dengan mata pelajaran dan materi pelatihan.
C. Rencana Anggaran
1.        Rencana anggaran pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di Sekolah.
            a. Sumber Dana  : Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP dari Dinas  Pendidikan Pemuda dan Olahraga melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan  SMP Nusa Tenggara Barat tahun Anggaran 2011, berupa subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) sebesar Rp. 7.500.000 ( Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah )
             b. Alokasi Penggunaan Dana    :
                  1. Honor dan Transportasi Nara Sumber
                  2. Transport Peserta Bimbingan Tekhnis
                  3. Snack dan air minum Peserta
                  4. ATK
                  5. Fotocopy Materi dan Hasil
D. Jadwal Pelaksanaan
     Jadwal pelaksanaan kegiatan Workshop Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di Sekolah di rencanakan berlangsung pada Akhir Bulan JUNI sampai dengan Awal Bulan JULI 2011    
BAB  IV
RENCANA IMPLEMENTASI KTSP JANGKA MENENGAH
A. Pentingnya Implementasi KTSP
Pengembangan kurikulum pendidikan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar Nasional Pendidkkan terdiri atas Standar Isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidikan, saran dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan poenilaian pendidikan . Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu berupa Standar Isi ( SI ) dan standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
          Dalam rangka memfasilitasi pelaksaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada tingkat SMP maka sangat di pandang perlu untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Teklhnis Pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan pada umumnya.
Sebagai alasan pentingnya kegiatan pelaksanaan bimbingan tekhnis pelaksanaan KTSP di sekolah karena pengembangan dan pelaksanaan KTSP belum optimal dan masih memerlukan pembinaan terutama terkait dengan kegiatan operasional silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas.Di sampng itu juga belum maksimalnya pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengoperasionalkan silabus ke dalam RPP dan merealisasikannya ke dalam bahan ajar, belum maksimalnya pengetahuan dan keterampiulan dalam operasionalisasi model – model pembelajaran yang inovatif,terutama pembelajaran kontekstual di kelas.
 Atas dasar alasan – alasan tersebut maka pelaksanaan kegiatan yang berupa bimbingan tekhnis tentang pelasnaan KTSP di SMP Negeri 1 Moyohilir ini sangat penting guna peningkatan mutu pembelajaran dikelas dan juga mutu pendidikan pada umumnya.

B. Rencana Terkait Implementasi KTSP  2011 - 2014
     Visi dan Misi Sekolah
     a. Visi   : Unggul Dalam Mutu Dan Layanan, Terampil, Berbudaya yang Dilandasi     Imtaq.
     b. Misi  :
1.      Peningkatan kualitas pembelajaran secara efektif dan efisien.
2.      Peningkatan mutu layanan pendidikan dengan asas kesamaan, kesetaraan dan partisipasi.
3.      Pengembangan nilai budaya yang etis dan estetika.
4.      Peningkatan kualitas  keimanan melalui pembiasaan dan penerapan agama.
5.      Pengembangan pendidikan dan pelatihan olah raga unggulan dan seni.
c..Tujuan / sasaran sekolah
            Tujuan dari SMP Negeri 1 Moyohilir merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur   :
1.      Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai
2.      Peningkatan prestasi belajar berupa perolehan rata – rata nilau UN minimal + 0,25 pertahun.
3.      Meningkatkan kompetensi guru dan profesionalisme guru
4.      Meningkatkan angka melanjutkan sekolah dan menurunkan angka drop out.
5.      Terciptanya suasana keakraban dan kerja sama yang baik di lingkungan sekolah.
6.      Terciptanya budaya salam dan terima kasih serta maaf.
7.      Terciptanya suasana sekolah yang agamis.
8.      Terlaksananya aturan dan tata tertib sekolah.
9.      Terbentuknya tim olah raga berprestasi yang dapat bersaing di tingkat kabupaten dan propinsi.
10.  Mengadakan pelatihan serta menyediakan wahana seni.

C. Rencana Implementasi KTSP Tahun 2011
1.      Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP 2011
2.      Penyusunan KTSP
3.      Implemetasi KTSP
4.      Monitoring  dan Supervisi  Secara Rutin Pelaksanaan KTSP di Sekolah
5.      Evaluasi  Pelaksanaan KTSP di Sekolah
6.      Tindak Lanjut/ Pembinaan.
D. Dana dan Sumber Dana Implementasi KTSP
          Rencana anggaran pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP di Sekolah berasal dari Subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan KTSP dari Dinas  Pendidikan Pemuda dan Olahraga melalui Satuan Kerja Penjaminan Kepastian Layanan Pendidikan  SMP Nusa Tenggara Barat tahun Anggaran 2011, berupa subsidi Bimbingan Tekhnis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) sebesar Rp. 7.500.000 ( Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah )