RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/semester : VII/Semester dua
Materi Pokok : TANGGAPAN DEKSKRIPTIF
Alokasi Waktu :
2 pertemuan (6 X 40 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1 dari 3
|
|
2
|
1 dari 5
|
|
3
|
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.1.2 menentukan
struktur teks tanggapan deskripsi
3.1.3 menentukan isi teks tanggapan deskriptif
3.1.4 menetukan cirri bahasa teks tanggapan deskripsi
|
4
|
4.1
Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun
tulisan
|
4.1.1 menentukan makna kata dan makna
kalimat yang terdapat pada teks tanggapan
deskriptif
4.1.2
smenjawab pertanyaan adiksimba terkait dengan tanggapan deskriptif
4.1.3
mengaitkan isi teks tanggapan
deskriptif dengan kehidupan sehari-hari.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1. Setelah membaca sebuah teks
deskriptif, peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks deskriptif dengan
baik.
2. Setelah membaca sebuah teks
deskriptif, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri bahasa teks deskriptif dengan baik.
3.
Selama proses pembelajaran tentang
struktur
dan ciri bahasa teks, peserta didik terbiasa berinisiatif dan memberi
pendapat
dengan baik.
4.
Selama proses pembelajaran, peserta didik terbisas bersikap
toleran dan banyak membantu sejawat dengan baik.
5. Selama proses
pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan
gestur yang menunjukkan sikap santun dengan baik.
Pertemuan ke-2
6. Setelah membaca teks deskriptif,
siswa mampu menjelaskan makna kata, kalimat, dan ungkapan yang
terdapat dalam teks deskriptif dengan baik.
7. Setelah membaca teks teks deskriptif,
siswa mampu menjawab pertanyaan literal,
inferensial, integratif, dan kritis yang terkait dengan isi teks deskriptifdengan
baik.
8.
Setelah
membaca teks teks deskriptif, peserta didik mampu menemukan keterkaitan isi teks deskriptifdengan
kehidupan sehari-hari.
9.
Selama proses pembelajaran tentang
makna
kata, kalimat, ungkapan, menjawab pertanyaan literal, inferensial, integratif,
dan kritis, peserta didik terbiasa berinisiatif dan memberi pendapat dengan baik.
10. Selama proses
pembelajaran tentang makna kata,
kalimat, ungkapan, menjawab pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan
kritis, peserta didik terbiasa menunjukkan sikap toleran dan terbiasa membantu sejawat dengan baik.
11. Selama proses
pembelajaran tentang makna kata, kalimat, ungkapan, menjawab pertanyaan literasi,
inferensial, integrative, dan kritis, peserta didik terbiasa menggunakan
pilihan kata, ekspresi, dan gestur yang menunjukkan sikap santun dengan baik.
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.
Struktur
teks deskriptif
b.
Ciri
teks deskriptif
c. Kebiasaan
bersikap percaya diri dengan berinisiatif dan banyak berpendapat saat
berdiskusi
d. Kebiasaan
bersikap peduli dengan menunjukkan sikap toleran dan banyak membantu sejawat.
e. Kebiasaan
bersikap santun dengan pilihan kata, ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi.
Pertemuan ke-2
a.
Isi teks deskriptif
b.
Keterkaitan
isi teks teks deskriptif dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa
c.
Kebiasaan bersikap percaya diri dengan
berinisiatif dan banyak berpendapat saat berdiskusi
d.
Kebiasaan bersikap peduli dengan menunjukkan
sikap toleran dan banyak membantu sejawat.
e.
Kebiasaan bersikap santun dengan pilihan kata,
ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi
E.
Metode Pembelajaran
· Pendekatan
Komunikatif (Communicative Approach)
· Model Pembelajaran
Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
· Sintak: ( Struktur atau Langkah Pembelajaran )
1)
Membangun konteks
2)
Pemodelan teks
3)
Pemecahan masalah secara
bersama
4)
Pemecahan masalah secara
individual
F.
Media, Alat, dan Sumber
1. Media Pembelajaran
CD
Interaktif pembelajaran teks deskriptif
2.
Alat dan bahan
Teks deskriptif
3.
Sumber
Belajar
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi
IV. Jakarta: Balai Bahasa. hlm. …
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
1)
Peserta
didik diajak guru memahami
tentang kenudayaan Indonesia
2)
Peserta
didik diarahkan guru untuk
membentuk kelompok dengan anggota 4—6 orang. Guru menarik perhatian peserta didik dengan
menggunakan kutipan teks “Tarian Saman” kepada peserta didik
dan peserta diminta menebak isi informasinya.
3)
Peserta
didik, mewakil kelompok, memberikan
pendapatnya secara bersungguh-sungguh berdasar
pengetahuan awalnya.
4)
Guru
membangkitkan motivasi siswa dengan menyatakan bahwa setiap jawaban siswa pada
dasarnya benar. Setiap jawaban yang kurang sempurna terhadap tebakan isi
teks disempurnakan oleh guru.
5)
Guru
menjelaskan manfaat belajar pokok bahasan teks deskriptif.
b.
Kegiatan
inti
1) Mengamati :
·
Siswa menjawab enam pertanyaan yang ada pada buku
siswa hlm. 35—36 untuk membangun pemahaman tentang teks deskriptif.
·
Setelah menjawab
pertanyaan, siswa menyimak guru membacakan teks deskriptif berjudul “Tarian Saman”. Sambil mendengarkan
hal-hal pembacaan oleh guru, siswa
mencermati isi dan struktur teks
tersebut.
2)
Menanya
·
Siswa mempertanyakan tentang hal-hal
(positif, negatif, menonjol, baru, sering muncul, dll) yang terdapat pada teks deskriptif berjudul “Tarian
Saman”.
·
Dengan kata
kunci, siswa melengkapi tabel untuk mendalami pemahaman pada isi teks
·
Siswa menjawab/mengajukan pertanyaan
tentang isi teks deskriptif dalam
diskusi kelompok kecil.
3)
Mengumpulkan data
·
Dengan dipandu
oleh guru, siswa mengenali struktur teks deskriptif
·
Dengan dipandu
oleh guru, siswa mengenali struktur teks deskriptif “Tarian Saman”.
·
Siswa mengenali
ide pokok pada teks deskriptif “Tarian Saman”.
·
Siswa
mengidentifikasi bagian teks berjudul “Tarian Saman”.
4)...Menalar
·
Siswa mengomunikasikan
hal-hal menarik dari teks yang baru dibaca.
· Siswa melengkapi bagian yang rumpang pada buku
siswa hlm. 37-38 dengan konjungsi yang
sesuai.
· Siswa menemukan makna kata sulit dalam teks “Tarian Saman” dengan menggunakan kamus yang
baik.
· Siswa
menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang baru saja ditemukan.
5)
Mengomunikasikan
·
Siswa menjelaskan struktur teks deskriptif “Tarian Saman”.
·
Siswa menjelaskan (1) kata-kata
kunci dan ide pokok yang terdapat pada teks (2) siswa menjelaskan struktur dari
kedua teks deskriptif.
Penutup
· Guru dan siswa
melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
· Guru memberikan
kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini.
· Guru memberikan
tugas untuk pengayaan atau remidi kepada siswa.
Pertemuan Kedua
a.
Pendahuluan (10 menit )
· Siswa berdoa bersama.
· Siswa bersama guru mengatur tempat duduk sebelum
pembelajaran.
· Guru menjelaskan manfaat belajar pokok bahasan teks deskriptif.
b.
Kegiatan inti (100 meni)
1)
Mengamati :
·
Siswa membaca teks
berjudul “Tarian Saman”,menemukan ide
pokok , dan menangkap maknanya.
2)
Menanya
· Siswa menjawab/mengajukan pertanyaan dengan mengacu
pada sepuluh butir pertanyaan pada buku
siswa (hlm. 36) sebagai pemandu pemahaman isi cerpen.
· Siswa mencatat informasi yang didapat dari
pembacaan teks deskriptif
3)
Mengumpulkan data
·
Dengan dipandu oleh guru, siswa
memberikan komentar terhadap berbagai isi informasi yang didapat dari
pembacaan teks “Tarian Saman”. Komentar ditekankan pada keaslian pendapat
siswa.
·
Dalam diskusi kelompok, siswa membahas komentar masing-masing dengan sesama
siswa.
·
Dengan dipandu oleh guru, siswa memperkaya
informasi tentang budaya, nilai, kebiasaan, sikap seseorang dari buku-buku
referensi.
4)
Menalar
·
Dengan dipandu oleh guru, siswa mengaitkan isi teks deskriptif yang dibaca siswa dengan kebudayaan yang ada
di lingkungan siswa.
·
Siswa menemukan makna kata sulit dalam teks “Tarian
Saman” dengan menggunakan kamus yang baik.
·
Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan
kata-kata yang baru saja ditemukan dari kamus.
5)
Mengomunikasikan
· Siswa
menjelaskan isi teks deskriptif “Tarian Saman”.
· Dalam
diskusi kelompok/kelas, siswa menjelaskan
keterkaitan isi teks dengan kebudayan yang dikenal.
a.
Penutup
·
Guru dan siswa melakukan
refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
·
Guru memberikan kuis sederhana
untuk mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini.
·
Guru memberikan tugas untuk
pengayaan atau remidi kepada siswa.
I. Penilaian
1.
Sikap spiritual
dan sosial
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
LEMBAR OBSERVASI
No.
|
Sikap/Nilai
|
Indikator
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Menghargai
dan bersyukur kepada Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesia
|
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik
dan benar.
|
A1
|
2
|
Percaya
diri
|
Terbiasa berinisiatif dalam bahasan memecahkan masalah.
|
A2
|
Terbiasa memberi pendapat dalam bahasan pemecahan masalah.
|
A3
|
||
3
|
Peduli
|
Terbiasa
toleran dalam memecahkan masalah.
|
A4
|
Terbiasa
membantu sejawat dalam memecahkan
masalah.
|
A5
|
||
4
|
Santun
|
Terbiasa
menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gesture santun.
|
A6
|
Instrumen:
lihat Lampiran 01
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian Non Objektif (UNO)
c.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Mengenal
struktur teks deskriptif
|
B1
|
2
|
Mengenal
struktur bahasa teks
|
B2
|
3
|
Memahami isi teks deskriptif
|
B3
|
Instrumen: lihat Lampiran 02.
3.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tuls
b.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi:
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
4.1.1
Mengidentifikasi kata, kalimat, dan ungkapan yang terdapat
dalam teks deskriptif
|
C1, C2,
C3
|
4.1.2
Menjawab
pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis terkait isi teks.
|
C4, C,5,
C6,C7
|
4.1.3
Menjelaskan
keterkaitan isi teks dengan kebudayaan setempat.
|
C8, C9,
C10
|
Instrumen: lihat Lampiran 03.
Sumbawa, 1 Desember 2013
Mengetahui
Kepala SMP Bangun Negeri, Guru
Mata Pelajaran,
________________________ _________________________
NIP. ... NIP.
...