Senin, 30 Desember 2013

Contoh RPP Kurikulum 2013 Hasil MGMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                           : SMP
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Indoesia
Kelas/semester                                   : VII/Semester dua
Materi Pokok                                       : TANGGAPAN DEKSKRIPTIF
Alokasi Waktu                                     : 2 pertemuan (6 X 40 menit)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1 dari 3

2
1 dari 5

3
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

3.1.2 menentukan struktur teks tanggapan deskripsi

3.1.3 menentukan isi teks tanggapan deskriptif
3.1.4 menetukan cirri bahasa teks tanggapan deskripsi




4

4.1      Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

4.1.1 menentukan makna kata dan makna kalimat yang terdapat pada teks tanggapan  deskriptif

4.1.2 smenjawab pertanyaan adiksimba terkait dengan tanggapan deskriptif
4.1.3  mengaitkan isi teks tanggapan deskriptif dengan kehidupan sehari-hari.



C.      Tujuan Pembelajaran  
                                                                       
Pertemuan ke-1

1.      Setelah membaca sebuah teks deskriptif, peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks deskriptif dengan baik.
2.      Setelah membaca sebuah teks deskriptif, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri bahasa  teks deskriptif  dengan baik.
3.      Selama proses pembelajaran tentang struktur dan ciri bahasa teks, peserta didik terbiasa berinisiatif dan memberi pendapat dengan baik.
4.      Selama proses pembelajaran, peserta didik terbisas bersikap toleran dan banyak membantu sejawat dengan baik.
5.      Selama proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gestur yang menunjukkan sikap santun dengan baik.




Pertemuan  ke-2

6.      Setelah membaca teks deskriptif, siswa  mampu menjelaskan  makna kata, kalimat, dan ungkapan yang terdapat dalam teks deskriptif dengan baik.
7.      Setelah membaca teks teks deskriptif, siswa  mampu menjawab pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis yang terkait dengan isi teks deskriptifdengan baik.
8.      Setelah membaca teks teks deskriptif, peserta didik mampu  menemukan keterkaitan isi teks deskriptifdengan kehidupan sehari-hari.
9.      Selama proses pembelajaran tentang makna kata, kalimat, ungkapan, menjawab pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis,  peserta didik terbiasa berinisiatif dan memberi pendapat dengan baik.
10.  Selama proses pembelajaran  tentang makna kata, kalimat, ungkapan, menjawab pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis, peserta didik terbiasa menunjukkan sikap toleran dan terbiasa  membantu sejawat dengan baik.
11.  Selama proses pembelajaran tentang makna kata, kalimat, ungkapan, menjawab pertanyaan literasi, inferensial, integrative, dan kritis, peserta didik terbiasa menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gestur yang menunjukkan sikap santun dengan baik.

D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan ke-1
a.      Struktur teks deskriptif
b.      Ciri teks deskriptif
c.       Kebiasaan bersikap percaya diri dengan berinisiatif dan banyak berpendapat saat berdiskusi
d.      Kebiasaan bersikap peduli dengan menunjukkan sikap toleran dan banyak membantu sejawat.
e.       Kebiasaan bersikap santun dengan pilihan kata, ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi.

Pertemuan ke-2
a.   Isi  teks deskriptif
b.   Keterkaitan isi teks teks deskriptif dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa
c.    Kebiasaan bersikap percaya diri dengan berinisiatif dan banyak berpendapat saat berdiskusi
d.   Kebiasaan bersikap peduli dengan menunjukkan sikap toleran dan banyak membantu sejawat.
e.    Kebiasaan bersikap santun dengan pilihan kata, ekspresi, dan gestur dalam berdiskusi        




E.       Metode Pembelajaran
·      Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach)
·      Model Pembelajaran Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
·      Sintak: ( Struktur atau Langkah Pembelajaran )
1)      Membangun konteks
2)      Pemodelan teks
3)      Pemecahan masalah secara bersama
4)      Pemecahan masalah secara individual

F.         Media, Alat, dan Sumber

             1.      Media Pembelajaran
CD Interaktif  pembelajaran  teks deskriptif

        2.          Alat dan bahan
Teks deskriptif

        3.          Sumber Belajar
            Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa. hlm. …


G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan  Pertama

Pendahuluan
1)      Peserta didik diajak guru  memahami tentang kenudayaan Indonesia
2)      Peserta didik diarahkan guru untuk membentuk kelompok dengan anggota 4—6 orang. Guru menarik perhatian peserta didik dengan menggunakan kutipan  teksTarian Saman” kepada peserta didik  dan peserta diminta menebak isi informasinya.
3)      Peserta didik,  mewakil kelompok,  memberikan pendapatnya secara bersungguh-sungguh berdasar  pengetahuan awalnya.
4)      Guru membangkitkan motivasi siswa dengan menyatakan bahwa setiap jawaban siswa pada dasarnya benar. Setiap jawaban yang kurang sempurna terhadap tebakan isi teks disempurnakan oleh guru.

5)      Guru menjelaskan manfaat belajar pokok bahasan teks deskriptif.

b.   Kegiatan inti
1)       Mengamati :
·          Siswa menjawab enam pertanyaan yang ada pada buku siswa hlm. 35—36 untuk membangun pemahaman tentang teks deskriptif.
·         Setelah menjawab pertanyaan, siswa menyimak guru membacakan teks deskriptif  berjudul “Tarian Saman”. Sambil mendengarkan hal-hal pembacaan oleh guru,  siswa mencermati isi dan struktur  teks tersebut.

2)                              Menanya
·         Siswa mempertanyakan tentang hal-hal (positif, negatif, menonjol, baru, sering muncul, dll) yang  terdapat pada teks deskriptif berjudul “Tarian Saman”. 
·         Dengan kata kunci, siswa melengkapi tabel untuk mendalami pemahaman pada isi teks
·         Siswa menjawab/mengajukan pertanyaan tentang isi teks deskriptif dalam  diskusi kelompok kecil.

3)  Mengumpulkan data

·               Dengan dipandu oleh guru, siswa mengenali struktur teks deskriptif  
·               Dengan dipandu oleh guru, siswa mengenali struktur teks deskriptif “Tarian Saman”.
·               Siswa mengenali ide pokok pada teks deskriptif “Tarian Saman”.
·               Siswa mengidentifikasi bagian teks berjudul “Tarian Saman”.

4)...Menalar
·         Siswa mengomunikasikan hal-hal menarik dari teks yang baru dibaca.
·      Siswa melengkapi bagian yang rumpang pada buku siswa hlm. 37-38  dengan konjungsi yang sesuai.
·      Siswa menemukan makna kata sulit dalam teks  “Tarian Saman” dengan menggunakan kamus yang baik.
·       Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang baru saja ditemukan.

5)      Mengomunikasikan
·          Siswa menjelaskan  struktur teks   deskriptif “Tarian Saman”.
·          Siswa menjelaskan (1)  kata-kata kunci dan ide pokok yang terdapat pada teks (2) siswa menjelaskan struktur dari kedua teks deskriptif.

Penutup
·       Guru dan siswa melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
·       Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini.
·       Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi kepada siswa.

Pertemuan  Kedua
a.          Pendahuluan  (10 menit )
·      Siswa berdoa bersama.
·      Siswa bersama guru mengatur tempat duduk sebelum pembelajaran.
·      Guru menjelaskan manfaat belajar pokok bahasan  teks deskriptif.

b.          Kegiatan inti (100 meni)
1)                  Mengamati :
·         Siswa membaca teks  berjudul “Tarian Saman”,menemukan ide pokok , dan menangkap maknanya.
2)                                  Menanya
·      Siswa menjawab/mengajukan pertanyaan dengan mengacu pada  sepuluh butir pertanyaan pada buku siswa (hlm. 36) sebagai pemandu pemahaman isi cerpen.
·      Siswa mencatat informasi yang didapat dari pembacaan teks deskriptif

3)      Mengumpulkan data
·          Dengan dipandu oleh guru, siswa memberikan  komentar terhadap  berbagai isi informasi yang didapat dari pembacaan teks “Tarian Saman”. Komentar ditekankan pada keaslian pendapat siswa.
·          Dalam diskusi kelompok, siswa  membahas komentar masing-masing dengan sesama siswa.
·           Dengan dipandu oleh guru, siswa memperkaya informasi tentang budaya, nilai, kebiasaan, sikap seseorang dari buku-buku referensi.

4)                                  Menalar
·          Dengan dipandu oleh guru, siswa  mengaitkan isi  teks deskriptif  yang dibaca siswa dengan kebudayaan yang ada di lingkungan siswa.
·          Siswa menemukan makna kata sulit dalam teks “Tarian Saman” dengan menggunakan kamus yang baik.
·          Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang baru saja ditemukan dari kamus.



5)         Mengomunikasikan
·      Siswa menjelaskan  isi teks  deskriptif “Tarian Saman”.
·      Dalam diskusi kelompok/kelas, siswa menjelaskan  keterkaitan isi teks dengan kebudayan yang dikenal.

a.      Penutup
·         Guru dan siswa melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
·         Guru memberikan kuis sederhana untuk mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini.
·         Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi kepada siswa.

I.    Penilaian

1.         Sikap spiritual dan sosial

a.        Teknik Penilaian         : Observasi
b.        Bentuk Instrumen       : Lembar observasi
c.         Kisi-kisi:
                                      LEMBAR OBSERVASI

No.
Sikap/Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Menghargai dan bersyukur kepada Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesia
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
A1
  2

Percaya diri
Terbiasa  berinisiatif dalam bahasan memecahkan masalah.
A2
Terbiasa  memberi pendapat dalam bahasan pemecahan masalah.
A3
3

Peduli
Terbiasa toleran  dalam memecahkan masalah.
A4
Terbiasa membantu sejawat dalam memecahkan masalah.
A5
4
Santun
Terbiasa menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gesture santun.
A6
           

Instrumen: lihat  Lampiran 01

2.         Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian    : Tes Tulis
                                  b.            Bentuk Instrumen  :  Uraian Non Objektif (UNO)
                                   c.            Kisi-kisi:

No
Indikator
Butir Instrumen
1
Mengenal struktur teks deskriptif
B1
2
Mengenal struktur bahasa teks
B2
3
Memahami isi teks deskriptif
B3

Instrumen: lihat Lampiran 02.

3.         Keterampilan

a.        Teknik Penilaian         : Tes Tuls
b.        Bentuk Instrumen       : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi:

Keterampilan
Butir Instrumen
4.1.1        Mengidentifikasi  kata, kalimat, dan ungkapan yang terdapat dalam teks deskriptif

C1, C2, C3
4.1.2        Menjawab pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis terkait isi teks.
C4, C,5, C6,C7
4.1.3        Menjelaskan keterkaitan isi teks dengan kebudayaan setempat.
C8, C9, C10

Instrumen: lihat Lampiran 03.




                                                                                                Sumbawa,  1 Desember 2013
Mengetahui                                                              
Kepala SMP Bangun Negeri,                                                         Guru Mata Pelajaran,

________________________                                                            _________________________
NIP. ...                                                                                                NIP. ...



1 komentar:

  1. Adnin yang baik hati, bagi perangkat Bahasa Indonesia Kelas 8 K-13 nyah dong..!!?? Terima Kasih ;)

    BalasHapus