Selasa, 01 Desember 2020

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH ( BDR )


LAPORAN

PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH
( BDR )

PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 1 MOYOHILIR

KABUPATEN SUMBAWA

Jalan Pendidikan No. 06 Moyo Telp. ( 0371 ) 625507

 

 

 

HALAMAN PENGESAHAN

 

 

Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran bagi siswa dalam masa belajar dari rumah untuk memutus mata rantai covid-19, maka SMP Negeri 1 Moyo Hilir telah melaksanakan kegiatan belajar dari rumah.

 

 

                 Menyetujui                                                                         Kepala Sekolah

          Pengawas Pembina                                                      

 

              Nurdin, S.Ag                                                                       Nurmawati, S.Pd

NIP.                                                                                          NIP. 19661116 199111 2 004


Mengetahui,

Kepala Dinas Pendidikan Nasionaldan Kebudayaan

Kabupaten Sumbawa

 

H. SAHRIL, S.Pd

 NIP. 19661231 199003 1 128


Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga SMP Negeri 1 Moyohilir dapat menyelesaikan  penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Dari Rumah BDR sebagai upaya para guru dalam memberikan pembelajaran jarak jauh secara daring (dalam jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat.

Maraknya wabah virus Corona atau Covid-19 yang tersebar diseluruh dunia membuat aktivitas diluar ruangan terbatas. Tidak terkecuali di Indonesia yang sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang terpapar oleh virus covid-19 atau corona. Salah satu upaya untuk mengurangi laju persebaran virus ini diberlakukan adanya social distancing dan himbauan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.

Di dunia pendidikan, wabah ini telah membuat seluruh sekolah yang ada wajib diliburkan dan dilakukan secara online atau dikenal sebagai kelas online. Banyak cara yang dapat dilakukan para Guru dan Siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online.

Seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa semua sekolah yang ada di seluruh indonesia melakukan proses pembelajaran dari sistem tatap muka yang biasanya di lakukan di sekolah di alihkan menjadi model pembelajaran dari rumah. Hal tersebut dilakukan agar para peserta didik masih dapat menikmati pembelajaran dari guru-guru mereka seperti ketika mereka berada di sekolah sehingga mereka masih tetap memiliki kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Memang dengan sistem pembelajaran dari rumah memiliki banyak perbedaan di bandingkan dengan belajar secara tatap muka di sekolah, namun hal tersebut dilakukan agar proses pendidikan masih tetap berjalan seperti biasanya.

Dengan adanya proses pembelajaran dari rumah, maka tentunya guru harus membuat sebuah laporan sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam melakukan tugas mengajarnya yaitu mengajar secara daring atau dalam bentuk lain ( manual ) untuk menghindari tatap muka agar guru masih tetap bisa terhubung sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar.


Daftar Isi

1

Halaman Judul....................................................................................................................

i

2

Halaman Pengesahan..........................................................................................................

ii

3

Kata Pengantar...................................................................................................................

iii

4

Daftar Isi............................................................................................................................

iv

 

A

Pendahuluan................................................................................................................

 

 

B

Tujuan..........................................................................................................................

 

 

C

Manfaat........................................................................................................................

 

 

D

Pelaksanaan..................................................................................................................

 

 

E

Kendala/Solusi.............................................................................................................

 

 

F

Penutup........................................................................................................................

 

 

G

Lampiran - lampiran

 

 

 

( Kegiatan masing – masing guru dalam kegiatan BDR)

 

 

 

 

 

 A.    PENDAHULUAN

 

Maraknya wabah virus Corona atau Covid-19 yang tersebar diseluruh dunia membuat aktivitas diluar ruangan terbatas. Tidak terkecuali di Indonesia yang sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang terpapar oleh virus covid-19 atau corona. Salah satu upaya untuk mengurangi laju persebaran virus ini diberlakukan adanya social distancing dan himbauan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.

Di dunia pendidikan, wabah ini telah membuat seluruh sekolah yang ada wajib diliburkan dan dan diganti dengan system belajar dari rumah. Banyak cara yang dapat dilakukan para Guru dan Siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online.

Salah satu kewajiban guru selama melaksanakan tugas dinas di rumah/tempat tinggal adalah menyusun Laporan Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat Covid-19. Penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19). Pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal bagi guru berpedoman juga pada Surat Edaran MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah. Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), atau dalam bentuk lain sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat. Kegiatan pembelajaran secara daring atau dalam bentuk lain ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.

Sebagai bentuk tindak lanjut terhadap terbitnya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Corona Virus Disease (COVID- 19) adalah kegiatan belajar dari rumah bagi seluruh peserta didik di semua jenjang pendidikan di Kabupaten Sumbawa. Maka SMP Negeri 1 Moyo Hilir dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran Virus Corona menyambut baik keputusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Kegiatan pembelajaran pun dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran dari rumah, Guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar secara daring atau dalam bentuk lain sesuai dengan yang telah disepakati antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran meliputi penyampaian materi, penugasan, dan penilaian.

Dengan mengikuti anjuran pemerintah dalam hal ini Menteri Pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah maka SMP Negeri 1 Moyo Hilir  melaksanakan pembelajaran dari rumah yang dilakukan sesuai dengan jadwal pembelajaran disekolah yaitu dari hari senin sampai sabtu dimulai pada pukul 07.15 pagi sampai dengan pukul 13.00 dan jika bertepatan dengan hari raya maka pembelajaran daring/Belajar dari rumah juga tidak dilaksanakan. Pembelajaran daring/Belajar dari rumah yang dilaksanakan  ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga meskipun dirumah masing -masing mereka juga tetap belajar seperti biasanya.

 

 

B.                                                                                                                                             TUJUAN

 

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah ( BDR ) dalam sistem daring atau dalam bentuk lain seperti memberikan tugas secara manual ini bertujuan sebagai berikut.

1.         Memberikan wadah bagi peserta didik kelas VII dan VIII  untuk dapat mempertajam           pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..

2.         Memudahkan peserta didik kelas VII dan VIII  dalam mengakses materi dan tugas tanpa       terbatas ruang dan waktu.

3.         Menyediakan bahan ajar dan aktivitas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan                   menggunakan artikel  terkait materi yang diajarkan.

4.        Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terhadap materi yang diajarkan       melalui uji kompetensi melalui penugasan yang dikerjakan di rumah berbentuk kuis.

 

C.     MANFAAT

 

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah ( BDR ) dalam sistem daring atau dalam bentuk lain seperti memberikan tugas secara manual ini bermanfaat bagi peserta didik sebagai berikut

1.      Kegiatan pembelajaran secara daring atau dalam bentuk lain ini akan mendukung proses       pembelajaran dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik.

2.      Peserta didik dapat mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..

3.      Peserta didik dapat memperoleh  materi dan tugas tanpa terbatas ruang dan waktu.

4.      Peserta didik dapat melakukan aktivitas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan                 menggunakan artikel  terkait materi yang diajarkan.

5.     Peserta didik dapat memperoleh pemahaman melalui uji kompetensi lewat penugasan yang  dikerjakan di rumah berbentuk ataupun penugasan dalam bentuk lain yang disepakati dengan guru.

6.      Peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan meskipun dirumah masing -masing mereka juga tetap belajar seperti biasanya.

 

D.    PELAKSANAAN

 

Proses Belajar Dari Rumah ( BDR ) berlangsung sejak tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan tanggal  10 Juni 2020. Pada pelaksanaannya di SMP Negeri 1 Moyo Hilir, semua peserta didik wajib belajar di rumah sedangkan para guru tetap masuk seperti biasanya untuk berkoordinasi baik dengan kepala sekolah maupun sesame guru dalam hal mementukan metode yang dapat digunakan agar proses belajar mengajar dapat berlangsung walaupun siswa bnerada di rumah

 

E.      KENDALA/SOLUSI

 

1.      KENDALA

Selama proses belajar dari rumah  berlangsung masih ada kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal beberapa diantaranya adalah :

 

1.      Tidak semua siswa memiliki handphone  android sehingga mereka tidak memiliki       alat komunikasi untuk melaksanakan pembelajaran daring.

2.      Terkadang ada sebagian siswa yang tidak mengumpulkan hasil pekerjaannya dalam    bentuk jawaban dari setiap soal yang di berikan.

3.      Masih ada orang tua siswa yang belum memahami proses belajar dari rumah dan      menganggap siswa diliburkan sehingga tidak memantau perkembangan belajar siswa serta tidak mengawasi siswa agar tetap berada dirumah

4.      Orang tua siswa belum sepenuhnya memahami maksud dan tujuan dari pemerintah     untuk memindahkan proses belajar siswa kerumah masing – masing sehingga orang tua memberikan tugas/pekerjaan  bagi anaknya pada saat anaknya sedang belajar dirumah dan hal ini dapat menyebabkan proses belajar anak menjadi terganggu.

 

2.      SOLUSI

Beberapa solusi atau pemecahan masalah dari kendala yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa dalam pelaksanaan kegiatan Belajar dari Rumah sebagai berikut  :

1.      Bagi siswa yang tidak memiliki handphone android dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru dapat mengumpulkan secara langsung kepada guru yang bersangkutan dengan tetap memperhatikan standar yang dianjurkan dalam pencegahan covid -19.

2.  Bagi siswa yang tidak mengumpulkan hasil pekerjaannya dalam bentuk jawaban dari setiap soal yang di berikan, guru berupaya untuk menghubungi siswa tersebut dengan berbagai cara sehingga siswa yang bersangkutan dapat mengumpulkan tugas yang diberikan.

3.  Berusaha memberikan pemahaman kepada orang tua siswa tentang proses belajar dari rumah dan mengharapkan kepada orang tua agar selalu memantau perkembangan belajar anaknya.

4.    Berusaha memberikan pemahaman kepada orang tua siswa agar tidak memberikan tugas kepada anaknya selama proses belajar sehingga anaknya dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya.


F.      PENUTUP

 

Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah salah satunya dalam bidang pendidikan yaitu membelajarkan peserta didik dirumah selama 14 hari, dan setelah 14 hari sudah dilalui belum memungkinkan untuk melaksanakan proses belajar disekolah sehingga ditambah lagi selama 14 hari kedepan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus tersebut dilingkungan sekolah, sehingga kegiatan proses belajar bagi peserta didik yang tadinya dilakukan disekolah akhirnya di pindahkan kerumah masing-masing peserta didik. Langkah tersebut dilakukan agar kegiatan proses belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan kurikulum yang ada. Dengan adanya peristiwa tersebut maka SMP Negeri 1 Moyo Hilir melakukan pembelajaran kepada setiap peserta didik dengan menggunakan system Belajar Dari Rumah. Yang mana guru mengajar melalui pemberian materi dan penugasan baik melaui media whatshap ataupun secara manual, sehingga proses belajar mengajar tetap berlangsung walaupun ada beverapa kendala yang dihadapi.

            Program yang telah dijalankan ini bertujuan untuk mengganti system pembelajaran tatap muka yang bisanya dilakukan di sekolah. Dengan dialihkannya pembelajaran dari sekolah ke rumah masing-masing maka harus menjadi perhatian kita semua terutama orang tua peserta didik, orang tua harus lebih mengawasi anak-anaknya dirumah, membatasi kegiatan anak diluar rumah, dan mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak, agar program ini bisa berhasil guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus terutama dilingkungan sekolah.

Kegiatan pembelajaran dari rumah diharapkan mampu menggantikan pembelajaran tatap muka sehingga siswa tetap menguasai materi pembelajaran meskipun tetap berada dirumah .Selain itu, pembelajaran dari rumah ini diharapkan dapat menjadi sarana belajar siswa dan bukan beban bagi siswa sehingga peran guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dapat tercapai .

Demikianlah laporan kegiatan ini disusun, sebagai bahan rujukan untuk perbaikan program kegiatan dimasa yang akan datang.


 

 

G.    LAMPIRAN – LAMPIRAN

( Kegiatan masing – masing guru dalam Kegiatan BDR )

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar