LAPORAN
HASIL
PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
JENJANG SMP
KABUPATEN
SUMBAWA
PROVINSI
NUSA TENGGARA BARAT
Tanggal
…..s.d. …..
SMP NEGERI 1 MOYO HILIR
JALAN PENDIDIKAN NO.06 MOYO TELP. 0371-625507
KECAMATAN MOYOHILIR KABUPATEN SUMBAWA
NUSA TENGGARA BARAT
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP
KAB./KOTA SUMBAWA PROVINSI
NUSA TENGGARA BARAT
Tanggal …..s.d. …..
Telah disahkan dan
ditandatangani
oleh guru pendamping mata
pelajaran
tanggal…………………………………..
NO
|
NAMA
GURU/NIP
|
PENDAMPING
MATA
PELAJARAN
|
TANDA
TANGAN
|
|
|||
1
|
Aminah, SH
NIP. 19631216 200801 2 002
|
PKn
|
|
2
|
Fatmawati, S.Pd
NIP. 19610814 198403 2 009
|
Bahasa Indonesia
|
|
3
|
Amnal Jamila, S.Pd
NIP. 19710628 200212 2 004
|
Matematika
|
|
4
|
Mahsun Ahmad, S.Pd
NIP. 19700819 199802 1 004
|
Bahasa Inggris
|
|
5
|
Tuti Agustina, S.Pd
NIP. 19760802 200801 2 008
|
IPA
|
|
6
|
Syuhada, M.Pd
NIP. 19780706 200312 2 008
|
IPS
|
|
7
|
Daru Wijayadi, S.Pd
NIP. 19680621 199802 1 004
|
Penjasorkes
|
|
8
|
Nanang Asmuri, S.Pd
NIP. 19670413 199903 1 005
|
Seni Budaya
|
|
9
|
Lilik Prajaka Widada, S.Pd
NIP. 19640113 199102 1 002
|
Prakarya
|
|
10
|
Eliya Kusumawati, S.Pd
NIP. 19711117 199702 2 002
|
BP/BK
|
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan limpahan rahmat dan hidayahNya
sehingga laporan pelaksanaan kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 dapat diselesaikan.Kegiatan
pendampingan pelaksanaan
Kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan ini merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 secara
keseluruhan.
Penyusunan
laporan ini banyak mendapat bantuan,bimbingan dan petunjuk dari berbagai pihak.
Oleh karena itu, melalui kesempatan ini panitia
menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, sehingga
kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 dapat diselesaikan.
Kami
menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari yang diharapkan,karena keterbatasan
kemampuan dan pengetahuan yang kami miliki. Jika terdapat kesalahan dan
kekeliruan dalam penyusunan laporan ini dengan kerendahan hati, kami mohon maaf. Saran dan kritik sangat kami
harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Semoga
laporan pelaksanaan kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 ini dapat diterima oleh semua pihak
yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Moyo Hilir, 3 Oktober 2014
Kepala Sekolah Induk Klaster
NURMAWATI, S.Pd
NIP. 19661116 199111 2 004
DAFTAR
ISI
Bab
|
I PENDAHULUAN………………………………………………
|
|
|
A. Latar
Belakang………………………………………….........
|
|
|
B. Landasan
Hukum……………………………………………….
|
|
|
C. Tujuan……………………………………………………………
|
|
|
D. Hasil
yang Diharapkan…………………………………………
|
|
BabII
|
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
|
|
|
A.
Persiapan…………………………………………………………
|
|
|
B.
Pelaksanaan………………………………………………………
|
|
|
C.
Hasil Pendampingan……………………………………………
|
|
|
D.
Dukungan dan Hambatan……………………………………...
|
|
BabIII
|
PENUTUP………………………………………………………………..
|
|
|
A.
Simpulan………………………………………………………….
|
|
|
B.
Saran-saran……………………………………………………….
|
|
1.
Semua Instrumen Pendampingan
(yang sudah diisi lengkap, ditandatangani petugas pendamping)
2.
Nama Peserta Pendampingan (Guru/PetugasPendampingdan Guru Sasaran)
3.
SoftfileBiodata Guru/Petugas Pendampingan dan Guru Sasaran
4.
DaftarHadir
Guru/PetugasPendampingdan Guru Sasaran (5 hari)
5.
Softfile RPP
yang dibuat Guru Sasaran (sebelum dan
sesudah pendampingan)
6.
Rekaman Dokumen Lainnya (seperti jurnal, bahan ajar, dll.)
7.
SoftfileDokumentasi Photo KegiatanPendampingan
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada tahun pelajaran 2014/2015 semua Sekolah Menengah Pertama (SMP)
di seluruh Indonesia akan melaksanakan Kurikulum 2013 pada kelas VII dan VIII.
Sebelum melaksanakan Kurikulum 2013, sejumlah guru dari setiap sekolah
diberikan pelatihan.
Pada tahun 2013,
implementasi Kurikulum 2013 baru dilaksanakan pada 1.437 SMP di 295 Kabupaten/Kota.
Sejumlah guru pada 1.437 sekolah
tersebut dilatih
sebelum mulai melaksanakan Kurikulum 2013. Meskipun telah memperoleh
pelatihan, mereka masih memerlukan
pendampingan di sekolah yang secara langsung dapat membantu mereka
melaksanakan Kurikulum 2013. Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan kepada 1.437 SMP di 295 kabupaten/kota pada tahun 2013 dirasakan sangat membantu sekolah.
Memperhatikan bahwa selain pelatihan
sekolah memerlukan dukungan dalam melaksanakan Kurikulum 2013 dan
mempertimbangkan bahwa pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan
pada tahun 2013 kepada 1.437 SMP di 295 kabupaten/kota terbukti sangat membantu
sekolah, maka pada
tahun 2014 Direktorat Pembinaan
SMP
akan memberikan pendampingan pelaksanaan kurikulum kepada semua SMP di seluruh
wilayah Indonesia yang berjumlah sekitar 36.565
sekolah baik negeri maupun swasta.
B.
Landasan Hukum
Kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 secara utuh berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan sebagai berikut:
1.
Undang-Undang
RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.
Undang-Undang
RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3.
Undang-Undang
RI Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional Tahun 2005-2025;
4.
Peraturan
Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang
Guru;
5.
Peraturan
Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan;
6.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 54 Tahun
2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
7.
Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan RI
Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
8.
Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan RI
Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan;
9.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 68
Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah;
10.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 71
Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan
Dasar dan Menengah;
11.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A
Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
12.
Surat
Edaran Mendikbud Nomor 156928/ MPK.A/KR/2013 Tanggal 08 November 2013 tentang
Implementasi Kurikulum 2013
13.
Surat
Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri RI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
Nomor: 420/176/SJ dan Nomor: 0258/MPK.A/KR/2014, Hal: Implementasi Kurikulum
2013.
C.
Fokus Pendampingan
Data yang diperoleh melalui monitoring dan
evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh Direktorat Pembinaan SMP menunjukkan bahwa
pengetahuan yang diperoleh para guru dari pelatihan Kurikulum 2013 kurang
memadai; sebagian besar guru belum dapat merencanakan pembelajaran (menyusun
RPP) yang
memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran pada
Kurikulum
2013 dengan baik; pada umumnya guru belum dapat mengembangkan instrumen
penilaian dengan baik; sebagian besar guru belum dapat menyajikan pembelajaran
dengan pendekatan ilmiah; dan sebagian besar guru belum mengetahui cara
mengelola nilai dengan baik. Selain
itu, pada umumnya sekolah belum mantap dalam menyelenggarakan muatan lokal,
ekstrakurikuler, dan penelusuran minat peserta didik.
Memperhatikan hal tersebut, fokus
pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2014 meliputi pemantapan
pengetahuan guru terhadap Kurikulum 2013 yang mencakup SKL, kerangka dasar dan
struktur kurikulum SMP/MTs, standar proses, standar penilaian dan pengisian
buku laporan hasil pencapaian
kompetensi (rapor) peserta
didik, buku guru, buku siswa, muatan lokal, matrikulasi (bridging course), bimbingan dan konseling, ekstrakurikuler.
D.
Tujuan
Tujuan umum dilaksanakannya
pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat SMP adalah memberi
penguatan kepada sekolah agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan
merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta
didik dengan baik.
Tujuan khusus pendampingan
pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan guru sehingga mampu dalam:
1.
menyusun RPP;
2.
menyusun instrumen
(termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
3.
menyajikan pembelajaran
dengan langkah-langkah pendekatan ilmiah;
4.
melaksanakan penilaian
sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
5.
mengelola nilai peserta
didik (termasuk mengisi buku laporan pencapaian kompetensi peserta didik);
6.
memahami buku guru, buku
siswa, dan mengadaptasi bahan ajar;
7.
melaksanakan muatan lokal;
8.
merencanakan kegiatan ekstrakurikuler;
9.
menelusuri bakat dan minat peserta didik;
10.
melaksanakan matrikulasi (bridging course);
11.
mengidentifikasi kelebihan
dan kekurangan pada RPP guru;
12.
mengidentifikasi kelebihan
dan kekurangan pada instrumen penilaian;
13.
melakukan refleksi
terhadap proses pembelajaran dan penilaian yang mereka laksanakan untuk
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, yang selanjutnya dapat melakukan
perbaikan secara terus-menerus.
E. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah:
1.
Guru semakin
memahami:
a.
kerangka dasar dan
struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah,
prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD
sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.
isi buku siswa
dan buku guru beserta penggunaannya;
c.
proses
pembelajaran;
d.
proses penilaian;
e.
pelaksanaan muatan lokal;
f.
pelaksanaan
ekstrakurikuler;
g.
penelusuran bakat dan minat;
h.
pelaksanaan matrikulasi (bridging course)
2.
Guru semakin
terampil dalam:
a.
menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran;
b.
mengelola
pembelajaran;
c.
menyusun instrumen
penilaian;
d.
melaksanakan penilaian
termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) peserta didik;
e.
menyelenggarakan muatan lokal;
f.
menyelenggarakan
ekstrakurikuler;
g.
melaksanakan penelusuran
minat peserta didik;
h.
menyelenggarakan
matrikulasi (bridging course);
BAB II PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
A. Persiapan
Persiapan kegiatan pendampingan kurikulum 2013 tingkat
SMP tahun 2014 dilakukan di SMP Negeri 1 Moyo Hilir yang di tunjuk sebagai
kluster induk dengan melakukan beberapa kegiatan yakni :
1.
Pembentukan Panitia Pelaksana
2.
Rapat Persiapan Pelaksanaan
3.
Menyusun jadwal kegiatan pendampingan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun
2014.
4.
Mensosialisasikan kegiatan kepada guru – guru mata pelajaran khususnya
10 guru mata pelajaran yang masuk ke dalam program kegiatan pendampingan
kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 yang meliputi 9
(sembilan) orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPS, Matematika,
IPA, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Prakarya, PJOK serta Bimbingan dan Konseling (BK), 1 orang.
B.
Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan pendampingan kurikulum 2013
tingkat SMP tahun 2014 dilaksanakan dengan tahapan In- 1 dan On- 1. Tahapan yang dimaksud adalah guru – guru yang
berada di sekolah sasaran diundang ke induk klaster yakni SMP Negeri 1 Moyo
Hilir untuk mengikuti kegiatan pendampingan selama 1 hari ( In- 1 ) Selanjutnya, para pendamping mendatangi guru-guru
sasaran sesuai dengan jadwal yang telah disepakati ke
masing-masing sekolah sasaran yang terdiri dari 5 sekolah sasaran yaitu SMP Negeri 1
Moyohilir, SMP Negeri 3 Moyohilir, SMP Negeri 5 Moyohilir,SMP Negeri 4 ( SATAP
) Moyohilir, dan SMP Terbuka Moyohilir 1 untuk memberi
pendampingan selama 1 hari di setiap sekolah sasaran (On-1).
Pada
saat On berakhir, guru pendamping memberikan refleksi dan evaluasi serta
mendiskusikan beberapa hasil temuan ketika melakukan pendampingan bersama guru
sasaran sehingga mencapai kesepahaman dalam hal penerapan kurikulum 2013.
Disamping itu, pemberian refleksi untuk
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan guru sasaran, yang selanjutnya dapat melakukan
perbaikan secara terus-menerus.
JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
TANGGAL
|
NAMA
KEGIATAN
|
TEMPAT
PELAKSANAAN
|
25 – 8 - 2014
|
Kegiatan In
|
SMP Negeri 1 Moyo
Hilir
|
26 – 8 – 2014
|
Kegiatan On
|
SMP Negeri 1 Moyo
Hilir
|
27 – 8 - 2014
|
Kegiatan On
|
SMP Negeri 3 Moyo
Hilir
|
28 – 8 - 2014
|
Kegiatan On
|
SMP Negeri 4
SATAP Moyo Hilir
|
29 – 8 - 2014
|
Kegiatan On
|
SMP Terbuka Moyo Hilir 1
|
30 – 8 - 2014
|
Kegiatan On
|
SMP Negeri 5 Moyo
Hilir
|
C.
Hasil
Pendampingan
Hasil dari pelaksanaan kegiatan pendampingan kurikulum 2014 tingkat SMP
tahun 2014 adalah :
1. Guru semakin memahami:
a.
Kerangka dasar dan
struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah,
prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD
sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.
Isi buku siswa
dan buku guru beserta penggunaannya;
c.
Proses
pembelajaran;
d.
Proses penilaian;
e.
Penelusuran
bakat dan minat;
2. Guru semakin terampil dalam:
a.
Menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran;
b.
Mengelola
pembelajaran;
c.
Menyusun
instrumen penilaian;
d.
Melaksanakan
penilaian
e.
Melaksanakan
penelusuran minat peserta didik;
D. Dukungan dan Hambatan
a. Dukungan
Kegiatan pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013
tingkat SMP tahun 2014, khususnya di di SMP Negeri 1 Moyo Hilir yang merupakan
sekolah induk klaster sangat di dukung oleh bantuan
sosial dari dana APBN melalui
dekonsentrasi di provinsi sebesar Rp.22.000.000,- untuk setiap klaster. Dana tersebut
disubsidikan kepada sekolah
penyelenggara melalui Induk Klaster
untuk melaksanakan
pendampingan di klaster masing-masing secara
swakelola dan
dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan.
Kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan Dinas
Diknas Kabupaten Sumbawa yang
menyiapkan dan
menyalurkan anggaran untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum
2013, termasuk pendampingan pelaksanaan
Kurikulum 2013 pada tahun 2014.
b. Hambatan
1. Dalam kegiatan In -
pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 yang
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Moyo Hilir selaku sekolah induk klaster, terlaksana
dengan baik. Kecuali ada beberapa peserta yang datang terlambat disebabkan oleh
jarak antara sekolah sasaran ke sekolah induk klaster yang cukup jauh.
2. Dalam kegitan On-
pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 yang
dilaksanakan di masing – masing sekolah sasaran memiliki hambatan yang paling
utama yakni belum tersedianya buku guru dan buku siswa.
BAB III PENUTUP
A. Simpulan
Dilaksanakannya
pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat SMP adalah memberi
penguatan kepada sekolah agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan
merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta
didik dengan baik.
Disamping itu,pelaksanaan kegiatan pendampingan diharapkan
agar :
1. Guru semakin memahami:
a.
kerangka dasar dan
struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah,
prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD
sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.
isi buku siswa
dan buku guru beserta penggunaannya;
c.
proses
pembelajaran;
d.
proses penilaian;
e.
pelaksanaan
ekstrakurikuler;
f.
penelusuran bakat dan minat;
2. Guru semakin terampil dalam:
a.
menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran;
b.
mengelola
pembelajaran;
c.
menyusun instrumen
penilaian;
d.
melaksanakan
penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor)
peserta didik;
e.
menyelenggarakan
ekstrakurikuler;
f.
melaksanakan penelusuran
minat peserta didik;
B.
Saran-saran
1. Dalam kegiatan pendampingan pelaksanaan
Kurikulum 2013, sebaiknya di upayakan agar
menunjuk
pendamping yang merupakan guru di satuan pendidikan yang berada dalam klaster SMP yang sama agar dalam proses pemberian bantuan
penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013 dapat
berlangsung secara terus menerus.
Pengembangan pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan Kurikulum
2013 agar dapat dilanjutkan melalui Musyawarah Guru Mata
Ijin mencopy, sebagai bahan pembuatan laporan. Terimakasih atas kerjasamanya
BalasHapusMudah-mudahan bermanfaat.
BalasHapusMudah-mudahan bermanfaat.
BalasHapusijin copy.....
BalasHapusSemoga bermanfaat.
BalasHapusSemoga bermanfaat.
BalasHapusTerima kasih ! Bisa jadi rujukan pelaporan di sekolah kami ....
BalasHapusSama2 Pak. Semoga bermanfaat
Hapuspak ada contok sk kepanitiannya ndak ? makasih
BalasHapusijin share pak
BalasHapusIjin mengcopy sebagai panduan pembuatan laporan pendampingan.
BalasHapustrimakasih sangat bermanfaat sbg acuan pelaporan
BalasHapus