Sabtu, 08 November 2014

LAPORAN HASIL PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013




LAPORAN
HASIL PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
JENJANG SMP
KABUPATEN  SUMBAWA
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Tanggal …..s.d. …..






SMP NEGERI 1 MOYO HILIR
JALAN PENDIDIKAN NO.06 MOYO TELP. 0371-625507
KECAMATAN MOYOHILIR KABUPATEN SUMBAWA
NUSA TENGGARA BARAT




LEMBAR PENGESAHAN




LAPORAN HASIL PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP
KAB./KOTA SUMBAWA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Tanggal …..s.d. …..



Telah disahkan dan ditandatangani
oleh guru pendamping mata pelajaran
tanggal…………………………………..

NO
NAMA GURU/NIP
PENDAMPING
MATA PELAJARAN
TANDA TANGAN

1
Aminah, SH
NIP. 19631216 200801 2 002
PKn

2
Fatmawati, S.Pd
 NIP. 19610814 198403 2 009
Bahasa Indonesia

3
Amnal Jamila, S.Pd
NIP. 19710628 200212 2 004
Matematika

4
Mahsun Ahmad, S.Pd
NIP. 19700819 199802 1 004
Bahasa Inggris

5
Tuti Agustina, S.Pd
NIP. 19760802 200801 2 008
IPA

6
Syuhada, M.Pd
NIP. 19780706 200312 2 008
IPS

7
Daru Wijayadi, S.Pd
NIP. 19680621 199802 1 004
Penjasorkes

8
Nanang Asmuri, S.Pd
NIP. 19670413 199903 1 005
Seni Budaya

9
Lilik Prajaka Widada, S.Pd
NIP. 19640113 199102 1 002
Prakarya

10
Eliya Kusumawati, S.Pd
NIP. 19711117 199702 2 002
BP/BK









KATA PENGANTAR


Puji  syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga laporan pelaksanaan kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013  tingkat SMP pada tahun 2014 dapat diselesaikan.Kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 secara keseluruhan.
Penyusunan laporan ini banyak mendapat bantuan,bimbingan dan petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, sehingga kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013  tingkat SMP pada tahun 2014 dapat diselesaikan.
Kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari yang diharapkan,karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang kami miliki. Jika terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam penyusunan laporan ini dengan kerendahan hati, kami mohon maaf. Saran dan kritik sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Semoga laporan pelaksanaan kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013  tingkat SMP pada tahun 2014 ini dapat diterima oleh semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini.


Moyo Hilir,  3 Oktober 2014
Kepala Sekolah Induk Klaster



NURMAWATI, S.Pd
NIP. 19661116 199111 2 004

DAFTAR ISI

Bab       
I      PENDAHULUAN………………………………………………


A.        Latar Belakang………………………………………….........


B.         Landasan Hukum……………………………………………….


C.        Tujuan……………………………………………………………


D.        Hasil yang Diharapkan…………………………………………

BabII
             PELAKSANAAN PENDAMPINGAN


A.                Persiapan…………………………………………………………


B.                 Pelaksanaan………………………………………………………


C.                Hasil Pendampingan……………………………………………


D.                Dukungan dan Hambatan……………………………………...

BabIII
PENUTUP………………………………………………………………..


A.                Simpulan………………………………………………………….


B.                 Saran-saran……………………………………………………….

1.                     Semua Instrumen Pendampingan (yang sudah diisi lengkap, ditandatangani petugas pendamping)
2.                     Nama Peserta Pendampingan (Guru/PetugasPendampingdan Guru Sasaran)
3.                     SoftfileBiodata Guru/Petugas Pendampingan dan Guru Sasaran
4.                     DaftarHadir Guru/PetugasPendampingdan Guru Sasaran (5 hari)
5.                     Softfile RPP yang dibuat Guru Sasaran (sebelum dan sesudah pendampingan)
6.                     Rekaman Dokumen Lainnya (seperti jurnal, bahan ajar, dll.)
7.                     SoftfileDokumentasi Photo KegiatanPendampingan
 






BAB   I     PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Pada tahun pelajaran 2014/2015 semua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di seluruh Indonesia akan melaksanakan Kurikulum 2013 pada kelas VII dan VIII. Sebelum melaksanakan Kurikulum 2013, sejumlah guru dari setiap sekolah diberikan pelatihan.
Pada tahun 2013, implementasi Kurikulum 2013 baru dilaksanakan pada 1.437 SMP di 295 Kabupaten/Kota. Sejumlah guru  pada 1.437 sekolah tersebut dilatih sebelum mulai melaksanakan Kurikulum 2013. Meskipun telah memperoleh pelatihan, mereka masih memerlukan pendampingan di sekolah yang secara langsung dapat membantu mereka melaksanakan Kurikulum 2013. Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan kepada 1.437 SMP di 295 kabupaten/kota pada tahun 2013 dirasakan sangat membantu sekolah.
Memperhatikan bahwa selain pelatihan sekolah memerlukan dukungan dalam melaksanakan Kurikulum 2013 dan mempertimbangkan bahwa pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan pada tahun 2013 kepada 1.437 SMP di 295 kabupaten/kota terbukti sangat membantu sekolah, maka pada tahun 2014 Direktorat Pembinaan SMP akan memberikan pendampingan pelaksanaan kurikulum kepada semua SMP di seluruh wilayah Indonesia yang berjumlah sekitar 36.565 sekolah baik negeri maupun swasta.
                                                                                          
B.       Landasan Hukum
Kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 secara utuh berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan sebagai berikut:
1.    Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.         Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3.         Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional Tahun 2005-2025;

4.         Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
5.         Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang  Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
6.         Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
7.         Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
8.         Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan;
9.         Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah;
10.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah;
11.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
12.     Surat Edaran Mendikbud Nomor 156928/ MPK.A/KR/2013 Tanggal 08 November 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013
13.     Surat Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri RI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 420/176/SJ dan Nomor: 0258/MPK.A/KR/2014, Hal: Implementasi Kurikulum 2013.

C.    Fokus Pendampingan

Data yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh Direktorat Pembinaan SMP menunjukkan bahwa pengetahuan yang diperoleh para guru dari pelatihan Kurikulum 2013 kurang memadai; sebagian besar guru belum dapat merencanakan pembelajaran (menyusun RPP) yang

memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik; pada umumnya guru belum dapat mengembangkan instrumen penilaian dengan baik; sebagian besar guru belum dapat menyajikan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah; dan sebagian besar guru belum mengetahui cara mengelola nilai dengan baik. Selain itu, pada umumnya sekolah belum mantap dalam menyelenggarakan muatan lokal, ekstrakurikuler, dan penelusuran minat peserta didik.
Memperhatikan hal tersebut, fokus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2014 meliputi pemantapan pengetahuan guru terhadap Kurikulum 2013 yang mencakup SKL, kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP/MTs, standar proses, standar penilaian dan pengisian buku laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) peserta didik, buku guru, buku siswa, muatan lokal, matrikulasi (bridging course), bimbingan dan konseling, ekstrakurikuler.

D.      Tujuan

Tujuan umum dilaksanakannya pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat SMP adalah memberi penguatan kepada sekolah agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta didik dengan baik.
Tujuan khusus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan guru sehingga mampu dalam:
1.         menyusun RPP;
2.         menyusun instrumen (termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
3.         menyajikan pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan ilmiah;
4.         melaksanakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
5.         mengelola nilai peserta didik (termasuk mengisi buku laporan pencapaian kompetensi peserta didik);


6.         memahami buku guru, buku siswa, dan mengadaptasi bahan ajar;
7.         melaksanakan muatan lokal;
8.         merencanakan kegiatan ekstrakurikuler;
9.         menelusuri bakat dan minat peserta didik;
10.     melaksanakan matrikulasi (bridging course);
11.     mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada RPP guru;
12.     mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada instrumen penilaian;
13.     melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan penilaian yang mereka laksanakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, yang selanjutnya dapat melakukan perbaikan secara terus-menerus.

E.       Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah:
1.    Guru semakin memahami:
a.    kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.   isi buku siswa dan buku guru beserta penggunaannya;
c.    proses pembelajaran;
d.   proses penilaian;
e.    pelaksanaan muatan lokal;
f.     pelaksanaan ekstrakurikuler;
g.   penelusuran bakat dan minat;
h.   pelaksanaan matrikulasi (bridging course)

2.    Guru semakin terampil dalam:
a.    menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran;
b.   mengelola pembelajaran;
c.    menyusun instrumen penilaian;
d.   melaksanakan penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) peserta didik;
e.    menyelenggarakan muatan lokal;
f.     menyelenggarakan ekstrakurikuler;
g.   melaksanakan penelusuran minat peserta didik;
h.   menyelenggarakan matrikulasi (bridging course);

























BAB   II   PELAKSANAAN PENDAMPINGAN

A.       Persiapan
Persiapan kegiatan pendampingan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 dilakukan di SMP Negeri 1 Moyo Hilir yang di tunjuk sebagai kluster induk dengan melakukan beberapa kegiatan yakni :
1.      Pembentukan Panitia Pelaksana
2.      Rapat Persiapan Pelaksanaan
3.      Menyusun jadwal kegiatan pendampingan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014.
4.      Mensosialisasikan kegiatan kepada guru – guru mata pelajaran khususnya 10 guru mata pelajaran yang masuk ke dalam program kegiatan pendampingan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 yang meliputi 9 (sembilan) orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPS, Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Prakarya, PJOK serta Bimbingan dan Konseling (BK), 1 orang.

B.        Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan pendampingan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 dilaksanakan dengan tahapan In- 1 dan On- 1. Tahapan yang dimaksud adalah guru – guru yang berada di sekolah sasaran diundang ke induk klaster yakni SMP Negeri 1 Moyo Hilir untuk mengikuti kegiatan pendampingan selama 1 hari ( In- 1 ) Selanjutnya, para pendamping mendatangi guru-guru sasaran sesuai dengan jadwal yang telah disepakati ke masing-masing sekolah sasaran yang terdiri dari 5 sekolah sasaran yaitu SMP Negeri 1 Moyohilir, SMP Negeri 3 Moyohilir, SMP Negeri 5 Moyohilir,SMP Negeri 4 ( SATAP ) Moyohilir, dan SMP Terbuka Moyohilir 1 untuk memberi pendampingan selama 1 hari di setiap sekolah sasaran (On-1).
Pada saat On berakhir, guru pendamping memberikan refleksi dan evaluasi serta mendiskusikan beberapa hasil temuan ketika melakukan pendampingan bersama guru sasaran sehingga mencapai kesepahaman dalam hal penerapan kurikulum 2013. Disamping itu, pemberian refleksi untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan guru sasaran, yang selanjutnya dapat melakukan perbaikan secara terus-menerus.
JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
TANGGAL
NAMA KEGIATAN
TEMPAT PELAKSANAAN
25 – 8 - 2014
Kegiatan  In
SMP Negeri 1 Moyo Hilir
26 – 8 – 2014
Kegiatan  On
SMP Negeri 1 Moyo Hilir
27 – 8 -  2014
Kegiatan  On
SMP Negeri 3 Moyo Hilir
28 – 8 -  2014
Kegiatan  On
SMP Negeri 4 SATAP Moyo Hilir
29 – 8 -  2014
Kegiatan  On
SMP Terbuka  Moyo Hilir 1
30 – 8 -  2014
Kegiatan  On
SMP Negeri 5 Moyo Hilir

C.        Hasil Pendampingan
Hasil dari pelaksanaan kegiatan pendampingan kurikulum 2014 tingkat SMP tahun 2014 adalah :
1.   Guru semakin memahami:
a.         Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.         Isi buku siswa dan buku guru beserta penggunaannya;
c.          Proses pembelajaran;
d.        Proses penilaian;
e.         Penelusuran bakat dan minat;
2.   Guru semakin terampil dalam:
a.         Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran;
b.         Mengelola pembelajaran;
c.          Menyusun instrumen penilaian;
d.        Melaksanakan penilaian
e.         Melaksanakan penelusuran minat peserta didik;

D.       Dukungan dan Hambatan
a.      Dukungan
Kegiatan pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014, khususnya di di SMP Negeri 1 Moyo Hilir yang merupakan sekolah induk klaster sangat di dukung oleh bantuan sosial dari dana APBN melalui dekonsentrasi di provinsi sebesar Rp.22.000.000,- untuk setiap klaster. Dana tersebut disubsidikan kepada sekolah penyelenggara melalui Induk  Klaster untuk melaksanakan pendampingan di klaster  masing-masing secara swakelola dan dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan.
Kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa yang menyiapkan dan menyalurkan  anggaran untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013, termasuk pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2014.
b.      Hambatan
1.   Dalam kegiatan In - pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Moyo Hilir selaku sekolah induk klaster, terlaksana dengan baik. Kecuali ada beberapa peserta yang datang terlambat disebabkan oleh jarak antara sekolah sasaran ke sekolah induk klaster yang cukup jauh.
2.   Dalam kegitan On- pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 tingkat SMP tahun 2014 yang dilaksanakan di masing – masing sekolah sasaran memiliki hambatan yang paling utama yakni belum tersedianya buku guru dan buku siswa.








BAB   III PENUTUP

A.       Simpulan
Dilaksanakannya pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat SMP adalah memberi penguatan kepada sekolah agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta didik dengan baik.
Disamping itu,pelaksanaan kegiatan pendampingan diharapkan agar  :
1.   Guru semakin memahami:
a.         kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.         isi buku siswa dan buku guru beserta penggunaannya;
c.          proses pembelajaran;
d.        proses penilaian;
e.         pelaksanaan ekstrakurikuler;
f.           penelusuran bakat dan minat;

2.   Guru semakin terampil dalam:
a.         menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran;
b.         mengelola pembelajaran;
c.          menyusun instrumen penilaian;
d.        melaksanakan penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) peserta didik;
e.         menyelenggarakan ekstrakurikuler;
f.           melaksanakan penelusuran minat peserta didik;



B.        Saran-saran
1.   Dalam kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013, sebaiknya di upayakan agar menunjuk pendamping yang merupakan guru di satuan pendidikan yang berada dalam klaster SMP yang sama agar dalam proses pemberian bantuan penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013 dapat berlangsung secara terus menerus.
Pengembangan pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan Kurikulum 2013 agar dapat dilanjutkan melalui Musyawarah Guru Mata 





























































12 komentar: